Arloji Obama Ini Modelnya Jadul Tapi Anehnya Kini Ngetrend

TRIBUNMANADO.CO.ID – Ternyata, bukan hanya Kate Middleton atau Michelle Obama yang selera berbusananya bisa memengaruhi para perempuan di negaranya masing-masing.

Presiden AS Barack Obama pun bisa membuat aksesori yang dikenakannya diburu oleh kaum pria yang menginginkan keanggunan yang sama.

Hal ini bermula ketika merek jam tangan dari Amerika, Jorg Gray, mensponsori Obama selama masa kampanyenya sebagai presiden yang pertama, yaitu tahun 2008. Semula, Obama selalu memakai jam tangan Tag Heuer. Kemudian, para Juli 2008, Obama tampak memakai jam tangan model klasik dengan warna dasar hitam. Awalnya, jam tangan ini terkesan biasa saja, bahkan selera Obama dianggap menurun karena memakai jam tangan tersebut dalam beberapa peristiwa penting. Kemudian, barulah terungkap jam tangan apa yang sebenarnya sedang dikenakan Obama.

Jam tangan ini sebenarnya diberikan oleh tim keamanan kepresidenan sebagai hadiah ulang tahun Obama yang ke-46 pada tahun 2007. Jam Jorg Gray seri 6500 itu aslinya memang dirancang untuk anggota Secret Service. Pada permukaannya, logo Jorg Gray digantikan dengan logo Secret Service.

“Saya menerima telepon dari relasi saya di Jerman, dan ia bilang, ‘Anda sadar tidak kalau calon presiden AS memakai jam tangan Anda?’ Saya kira ia sedang bercanda. Lalu saya menerima telepon dari Jeff Stein, pengacara sipil dari Atlanta. Logo Jorg Gray itu sangat kecil pada jam versi Secret Service, dan ia mendapatinya setelah mengamati foto-foto presiden yang berbeda,” tutur Trevor Gnesin, Presiden Jorg Gray.

Setelah sang produsen jam menyadari hal tersebut dan mengungkapkannya ke publik, banyak orang mulai mengamati Obama dalam setiap penampilannya. Wawancara di televisi, foto-foto di majalah, dan penampilan lain di media, menampakkan Obama mengenakan seri 6500 Chronograph tersebut.

Beberapa yang sempat tertangkap kamera adalah ketika debat kepresidenan pada September dan Oktober 2008, pidato kemenangannya sebagai presiden (November 2008), malam inaugurasi (Januari 2009), dan penandatanganan permaklumannya yang pertama sebagai Presiden AS (Januari 2009).

Semenjak itu, jam tangan klasik ala Obama banyak dicari. Jorg Gray pun mendesain seri Presidential Watches, di mana jam seri 6500 Chronograph digrafir dengan serial number dan tanggal inaugurasinya di casing belakang. Tulisannya: “The 44th President of the United States Barack H. Obama. January 20th 2009. Commemorative Edition”.

“Kami melihat perkembangan yang luar biasa pada 2009, di mana seri 6500 diminati di seluruh dunia. Begitu pula dengan model-model jam tangan kami yang lain, karena presiden terus memakai jam tangan itu,” ujar Gnesin. Tahun itu, seri 6500 Chronograph menjadi best seller. Ratusan order juga diterima dari luar negeri.

Toh, para pakar jam tangan tampaknya tidak antusias dengan kepopuleran jam tangan Obama. James Gurney, editor majalah jam tangan QP, mengatakan, “Jam tangan itu murah, dan benar-benar jam yang tidak istimewa dari brand yang tidak pernah didengar orang. Saya yakin jam itu bernilai baik, tapi perbedaannya dari jam berkualitas itu bagaikan jas yang diproduksi massal dari M&S dan jas yang dibuat khusus untuk pesanan dari Savile Row, di mana setiap jahitannya diletakkan dengan sempurna.”

Jorg Gray 6500 Chronograph dijual dengan harga 260 poundsterling (sekitar Rp 4 juta), sehingga dinilai jauh lebih murah daripada yang diharapkan orang tentang jam tangan seorang presiden paling populer di dunia. Casing jam tangan ini terbuat dari stainless steel, dengan permukaan terbuat dari lensa kristal mineral antigores. Memiliki tiga penunjuk waktu, termasuk stopwatch, dan display tanggal. Talinya terbuat dari kulit kerbau Italia warna hitam dengan jahitan putih dan gesper besi.

Dengan penampilan seperti ini, seri 6500 memang masuk kategori jam tangan klasik. Jam klasik cenderung masih digemari karena dianggap lebih aman untuk dikenakan kapan saja. Selain itu juga bisa dipadupadankan dengan berbagai konsep busana, formal maupun kasual. Nilai jam tangan klasik juga lebih tinggi sehingga bisa menjadi investasi. Kebanyakan laki-laki memilih model klasik ini agar lebih awet dikenakan sampai kapan pun.

Obama sendiri ketika tampil di sampul majalah Time edisi September 2012 terlihat masih mengenakan jam tangan yang sama.

Bagaimana menurut Anda? Apakah James Gurney cuma sirik dengan pernyataannya, atau jam tangan ini memang layak dimiliki?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s