4 Jawaban Jokowi Soal Jakarta Biang Macet

JakartaKemacetan bagaikan penyakit akut di Ibukota. Gubernur DKI Jakarta (Jokowi) punya jawaban tersendiri untuk permasalahan macet yang mendera warga Jakarta. Seperti 4 jawaban ini:

Di berbagai kesempatan, orang nomor 1 di Jakarta itu kerap kali dimintai solusi kemacetan yang dialami warganya bahkan hingga berjam-jam lamanya. Terjebak kemacetan membuat warga Jakarta seperti berada di jalur ‘neraka’.

Nah, Jokowi punya jawabannya seperti berikut ini:

1. Jakarta Macet Sejak Dulu

“Apa dulu-dulu nggak kayak gitu juga (macet)?” Itulah jawaban Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan tentang macet berjam-jam pasca hujan di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2012).

Namun demikian, Jokowi terus mencarikan jalan keluarnya. Menurut Jokowi, transportasi massal salah satu solusi mengatasi macet untuk jangka panjang.

“Yang jangka pendek baru digarap habis-habisan dengan Kapolda dan itu belum rampung (selesai). Ya diperbaiki. Saya ini baru 5 minggu jangan semuanya suruh diperbaiki, dewa toh,” ujar Jokowi yang terbalut baju batik warna cokelat ini.

2. Pengendara Stop Saling Terobos

Jokowi mengimbau agar para pengendara tidak saling menyerobot saat dilanda macet total kala hujan melanda. Pengendara tetap harus tertib.

“Kan hujan deras, pengguna saling terobos. Masyarakat harus punya kesadaran untuk tertib,” kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (20/11/2012).

Jokowi mewanti-wanti, lalu lintas yang padat, hujan deras ditambah dengan kendaraan saling serobot, jadilah macet total yang yang tidak bisa dihindarkan.

“Kalau semua saling menerobos seperti itu pas hujan, jadi total berhenti seperti tadi malam,” tuturnya.

3. Budaya Tertib & Pajak Mobil Tinggi

Masalah kemacetan juga menjadi pertanyaan yang disodorkan mahasiswa Institut Bisnis Informatika Indonesia kepada Jokowi.

“Pak, bagaimana soal solusi kemacetan?” tanya seorang mahasiswa sambil menyodorkan mikrofon ke arah Jokowi yang baru tiba di kantornya, di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (30/10/2012). Para mahasiswa ini sedang melakukan tugas kuliah.

Mendapat pertanyaan itu, Jokowi segera merespons. Diawali senyum, Jokowi yang memakai jas dan dasi itu menuturkan bahwa untuk mengatasi kemacetan diperlukan budaya tertib berlalu lintas.

“Pertama, mengubah perilaku masyarakat untuk tertib lalu lintas. Kedua, menyiapkan infrastruktur MRT, monorel, dan busway. Ketiga, nanti dengan kebijakan,” jelas Jokowi.

“Kebijakan seperti apa, Pak?” cecar mahasiswa itu.

“Pajak parkir yang tinggi, pajak beli mobil yang tinggi. Monorel bisa 4 tahun, MRT bisa 10 tahun,” tutup Jokowi.

4. Jokowi Nikmati Macet

Jokowi justru senang terjebak kemacetan saat blusukan ke akar rumput. Ia bahkan menikmatinya. Dengan begitu, pria berusia 51 tahun itu mendapat inspirasi solusi kemacetan.

“Ya harus ngerasain dong, biar dapat inspirasi buat solusi kemacetan,” kata Jokowi sembari tertawa saat ditanya wartawan tentang pengalaman terjebak macet di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2012).

Perjalanan Jokowi ke beberapa pemukiman warga yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB hari ini, awalnya berjalan lancar. Namun usai berkunjung di kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Jokowi yang menggunakan mobil Innova warna hitam B 1123 RFR terjebak macet saat melintas di jembatan layang Tebet. Kemacetan sepanjang 500 meter terjadi mulai jembatan layang Tebet hingga SMPN 115 Jakarta.

Kemacetan yang terpusat di depan SMPN 115 Jakarta dikarenakan banyaknya mobil dan sepeda motor yang parkir di pinggir jalan dan memakan 2 jalur jalan. Untuk menembus macet, diperlukan waktu hingga 15 menit. Kecepatan kendaraan hanya berkisar 10 Km/jam.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s