Gencatan Senjata di Gaza lantaran Desakan ASEAN

KOMPAS.com – Ketua ASEAN Hun Sen akhirnya membuka kartu. Menurut Perdana Menteri Kamboja itu, gencatan senjata antara Hamas dan Israel di Gaza terjadi gara-gara desakan ASEAN. “Kami memang menyambut baik gencatan senjata itu,” kata Hun Sen usai perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tiga hari silam.

”Menurut pengakuan Ketua ASEAN yang juga PM Kamboja Hun Sen, para pemimpin ASEAN mendesak Presiden Barack Obama untuk mengintervensi konflik antara Israel dan Hamas.”

Hun Sen menuturkan di sela-sela KTT itu memang ada pertemuan antara ASEAN dengan Amerika Serikat. Waktunya, pada Senin (19/11/2012). “Saat itu, kami semua, para pemimpin ASEAN mendesak Presiden Barack Obama untuk mengintervensi konflik antara Israel dan Hamas,” katanya Kamis (22/11/2012) saat meresmikan pembangunan jalan yang dibiayai pemerintah China di Provinsi Prey Veng, Kamboja, tulis Xinhua.

Alhasil, desakan itu menjadi modal bagi Barack Obama mengutus tim diplomasinya, termasuk Menteri Luar Negeri Hillary Clinton menemui Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Jerusalem. Gencatan senjata pun akhirnya terwujud pada Rabu (21/11/2012) pukul 21.00 waktu setempat. Menteri Luar Negeri Mesir Mohamed Kamel Amr mengumumkan tercapainya proses itu.

Menurut Hun Sen, sebelumnya Presiden Obama meminta Presiden Mesir Mohamed Morsi dan PM Netanyahu mencari solusi damai. Dalam kaitan ini, Hillary Clinton menjadi mediator antara mereka.

Konflik di Gaza mencuat sejak Rabu (14/11/2012) antara Hamas dan Israel. Sampai dengan gencatan senjata terlaksana, jumlah korban tewas di pihak Palestina ada 140 orang. Lalu, sedikitnya 5 serdadu Israel menemui ajal. Total korban luka kedua belah pihak mencapai 1.000 orang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s