Lokon Kembali Meletus

Gunung Lokon kembali meletus, Rabu (28/11) sekitar pukul 10.05 Wita. Letusan kali ini sempat membuat warga panik, sebab  lagi-lagi terdengar dentuman sangat keras hingga menggetarkan rumah-rumah warga.

“Abu vulkanik yang keluar akibat letusan Gunung Lokon mencapai ketinggian 3.500 Meter,” ujar Suwarno, petugas Pos Pemantau Gunung Lokon kepada Tribun Manado.

Abu vulkanik yang keluar dari Kawah Tompaluan Gunung Lokon, belum menjangkau wilayah Tomohon karena masih berada dalam posisi vertikal ke udara. “Untuk sementara abu vulkanik belum bisa diprediksi akan jatuh kemana, karena masih dalam posisi vertikal ke udara,” jelasnya.

Sejak semalam, tanda-tanda akan terjadinya letusan memang sudah terlihat dengan meningkatnya kegempaan pada sesmograf di Pos Pemantau, baik gempa tremor maupun vulkanik. “Supply energi masih terus berlangsung setelah letusan, jadi Warga harus terus berhati-hati, dengan tidak melakukan aktivitas dalam radius bahaya 2,5 Km atau mendaki hingga ke puncak,” tuturnya.

Di Tinoor Kecamatan Tomohon Utara menurut Oscar Lolowang, terjadi kepanikan karena warga mendengar dentuman keras akibat letusan Gunung Lokon. “Kami sampai berhamburan keluar rumah, karena kami kira ada bom meletus seperti d Hirosima Jepang,” katanya.

Di Kolongan Kecamatan Tomohon Tengah juga terdengar dentuman akibat letusan. “Saya terkejut karena mendengar letusan keras, dikira bom ternyata Gunung Lokon yang meletus,” ungkap Ruddy Pitoy, warga Kolongan Lingkungan 1.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s