Tinggi Letusan Lokon Mencapai 3.500 Meter

Dentuman keras Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, juga mengagetkan warga Tateli, Minahasa, yang berjarak puluhan kilometer dari Tomohon, Rabu (28/11/2012) pada pukul 10.26 Wita. Mereka berhamburan keluar dari rumah masing-masing mendengar suara dentuman yang dahsyat itu.

Abu yang dihasilkan dari letusan tersebut terlihat jelas membumbung ke atas yang menjadikan tontonan warga. “Saya kaget, mengira bunyi guntur, tapi ternyata Lokon kembali meletus,” ujar Ndoro, warga Tateli yang bersama warga lainnya menyaksikan abu Lokon.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Kapten Kaveleri Ahmad Nurdin mengatakan letusan lokon kali ini cukup dahsyat dan menggagetkan seluruh warga Tomohon. “Tinggi letusan diperkirakan 3.500 meter,” ujar Nurdin kepada Kompas.com.

Nurdin juga menjelaskan bahwa seluruh jajarannya siap siaga saat ini juga diperlukan untuk melakukan evakuasi warga. “Kami siap untuk tindakan selanjutnya jika diperlukan,” tegasnya.

Sementara itu, Fredy, warga Kakaskasen III, Tomohon,  ketika dihubungi mengatakan bahwa mereka sempat panik ketika terdengar letusan yang cukup dahsyat tersebut. “Panik, tapi kami mencoba tenang. Sirene di jalanan sudah berbunyi, kami menunggu perintah dari aparat saja,” ujar Fredy.

Hingga berita ini diturunkan aktivitas Lokon masih berlangsung meskipun berangsur mereda. Kepala Pos Pemantau Gunung Api Lokon dan Mahawu belum dapat dihubungi untuk konfirmasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s