Keamanan Terowongan Jepang Dipertanyakan Menyusul Tewasnya 9 Orang

https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2012/12/03/1148/jepangggdlm.jpg

Tokyo, – Sebanyak 9 jasad telah ditemukan dari lokasi runtuhnya terowongan jalan di Tokyo, Jepang. Insiden ini tak pelak menimbulkan pertanyaan akan keamanan terowongan-terowongan jalan di negeri itu.

Penyebab ambruknya terowongan Sasago ini belum jelas. Namun kemungkinan kejadian ini disebabkan oleh rusaknya pilar-pilar beton penyangga atap. Terowongan sepanjang 4,7 kilometer tersebut berada sekitar 80 kilometer arah barat kota Tokyo, yang menghubungkan ibukota Jepang itu dengan kota Nagoya.

Seorang pejabat dari operator jalan raya NEXCO mengatakan seperti dilansir AFP, Senin (3/12/2012), degradasi material diduga sebagai penyebab musibah ini. Padahal struktur terowongan tersebut baru saja menjalani pemeriksaan reguler per 5 tahun pada September 2012 lalu. Dan hasil pemeriksaan menunjukkan tak ada masalah pada struktur terowongan.

Menurut seorang pejabat Nexco lainnya, Motohiro Takamisawa, insiden fatal ini terjadi akibat kegagalan struktur bangunan.

“Antara dua lempeng beton, ada benda yang menopang keduanya. Penopang inilah yang ambruk, tapi ini baru dugaan kalau melihat isi rekaman kamera keamanan,” tuturnya kepada Reuters.

Jepang memiliki ribuan terowongan yang biasanya panjangnya mencapai ratusan meter. Jutaan mobil melewati terowongan-terowongan jalan tersebut setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s