Lokon Semburkan Abu Vulkanik 3.500 Meter

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON – Gunung Lokon ‘batuk’ lagi, Kamis (6/12/2012) sekitar pukul 17.18 Wita. Kali ini material abu vulkanik yang dikeluarkan mencapai ketinggian 3.500 meter ke angkasa, disertai lontaran lava pijar disekitar Kawah Tompaluan.

Tak ada awan panas, tapi akibat letusan itu sempat membuat warga terkejut, karena terdengar bunyi dentuman keras disaat Tomohon sedang diselimuti awan tebal. “Tinggi abu vulkanik akibat letusan mencapai 3.500 meter. Memang sudah ada tanda-tanda sejak semalam dengan adanya supply energy yang ditandai dengan banyaknya gempa vulkanik dan tremor,” kata Farid Bina, Kepala Pos Pemantau Gunung Lokon.

Letusan tersebut tak sampai membuat warga dievakuasi, karena tak ada dampak serius yang ditimbulkan. Hanya saja banyak warga yang memanfaatkan fenomena alam itu, untuk diabadikan lewat kamera maupun video baik dari jalan-jalan utama di Kota Tomohon, maupun rumah. “Lokon memang membawa berkat bagi Kota Tomohon ketika meletus, tak ada dampak negatif, justru daerah ini lebih dikenal masyarakat luas. Tapi, saya meminta warga tetap waspada, dengan tidak melakukan aktivitas dalam radius bahaya 2,5 Km, karena status tetap siaga,” tutur Wali Kota Tomohon Jimmy Eman.

Kapten Kavaleri Ahmad Nurdin, Danramil Kota Tomohon menegaskan kendati abu Lokon menjulang tinggi ke angkasa, tapi tak membuat adanya evakuasi warga, sebab situasi dalam suasana kondusif. “Sampai saat ini warga tetap kondusif, dan kami tetap siaga untuk membantu,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s