Minahasa Pilih Pemimpin Baru di 12-12-2012

TRIBUNMANADO.CO.ID-Pada Rabu (12/12/2012) besok, sebanyak 264.193 warga Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan memilih Bupati dan Wakil Bupati periode 2013-2018. Para pemilih itu akan mendatangi 566 tempat pemungutan suara (TPS) di empat daerah pemilihan yang tersebar di 22 Kecamatan.

Gubernur Sulawesi Utara, SH Sarundajang menetapkan hari H Pemilihan Bupati (Pilbup) Minahasa sebagai hari libur, melalui SK Gubernur nomor 318 tahun 2012. “Penetapan ini akan membantu meningkatkan partisipasi pemilih untuk menggunakan hak suaranya,” kata Ketua KPUD Minahasa, Meidy Tinangon, Selasa (11/12/2012).

Aparat kepolisian dari Polresta Minahasa dan Polda Sulut menurunkan sebanyak 566 personel untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Pilkada Minahasa. Sementara itu KPUD Minahasa menginstruksikan kepada seluruh penyelenggara Pilbup agar bisa bersikap jujur dan adil dalam melaksanakan tugasnya.

Pilbup Minahasa menjadi menarik ketika beberapa pasangan calon kandidat mempertaruhkan namanya karena nama besar orangtua masing-masing. Calon Bupati Careig Runtu yang berpasangan dengan Denie Tombeng merupakan anak dari Bupati Minahasa sekarang, Vreeke Runtu.

Runtu yang diusung Partai Golkar dan Demokrat harus bertarung dengan calon bupati Jantje Sajouw, diusung PDI Perjuangan, dengan pasangannya Ivan Sarundajang. Sementara Jantje Sajouw merupakan Wakil Bupati Minahasa sekarang, Ivan adalah Gubernur Sulut SH Sarundajang.

Calon kuat lainnya datang dari pasangan Hangky Gerungan dan Recky Tombeng yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat. Sementara pasangan Emma Kaseger dan Ferdinand Mewengkang diusung gabungan partai nonkursi di DPRD. Dan satu pasangan calon lagi dari independen yang mengusung Arianne Nangoy dan Jefry Mentu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s