Hong Kong dan Singapura Booming Nikah 12/12/12, Indonesia?

jakarta – Tanggal cantik 12/12/12 jatuh hari ini. Banyak kalangan menjadikannya sebagai momen bersejarah untuk mengikat janji pernikahan atau bahkan melahirkan buah hati. Di Singapura dan Hong Kong, banyak pasangan yang memilih menikah Rabu (12/12/2012). Bagaimana dengan di Indonesia?

12/12/12 mengingatkan pada tanggal cantik sebelumnya, 10/10/10 dan 11/11/11. Angka cantik itu menjadi daya tarik para pasangan untuk mengabadikan cinta dalam bentuk pernikahan.

Kantor Catatan Pernikahan Hong Kong menuturkan, pihaknya menerima 696 pemberitahuan dari pasangan yang menikah hari ini. Angka ini nyaris empat kali lipat dari rata-rata harian pada Oktober 2012, yaitu sebanyak 177.

Di Singapura, yang 3/4 penduduknya merupakan etnis China, tercatat 540 pasangan mendaftarkan diri di Kantor Catatan Pernikahan untuk menikah hari ini. Jumlah ini delapan kali lipat dibandingkan rata-rata harian untuk pernikahan non-Muslim tahun sebelumnya. Sementara, pernikahan kaum Muslim dicatat oleh lembaga yang berbeda.

Seorang perencana pernikahan di Singapura menyatakan, tanggal 12/12/12 merupakan hari tersibuk tahun ini untuk bisnis yang terkait dengan pernikahan.

“Ini adalah tanggal yang hot,” ujar Renee Leung, pendiri dan CEO perusahaan perencana perkawinan The Wedding Butler. Perusahaannya menangani 20 pernikahan hari ini, naik pesat dari biasanya yang hanya satu atau dua perkawinan per hari.

“Ini adalah tanggal keberuntungan….banyak orang bilang ini adalah angka yang mudah untuk diingat,” ujarnya kepada AFP, Selasa (11/12/2012).

Meski banyak pasangan di Hong Kong yang menikah pada 12/12/12, namun jumlahnya ternyata tidak sebanyak dibandingkan 10/10/10 dan 11/11/11.

Hong Kong mencatat 1.002 perkawinan pada 11/11/11 yang menandakan “cinta abadi”. Sementara 10/10/10 yang menandakan “kesempurnaan” tercatat 859 perkawinan. Sedangkan Singapura mencatat 553 pernikahan dan 724 pernikahan pada dua tanggal itu. Sedangkan angka perkawinan tertinggi dalam satu hari terjadi pada 14 Februari 1995 saat 1.082 pasangan menikah karena hari Valentine Barat dan China jatuh pada hari yang bersamaan.

Anjloknya perkawinan di tanggal cantik ini mungkin terkait dengan faktor feng shui. Seorang master feng shui, Sammy Au, berkata kepada harian The Standard bahwa triple 12 tidak sempurna untuk pernikahan dan hanya masuk kategori ‘hari keberuntungan rata-rata’. Au menyebut tanggal 18 dan 31 sebagai tanggal yang lebih baik.

Feng shui adalah kepercayaan Cina kuno yang bertujuan untuk mencari jalan menyalurkan energi psikis yang baik dan buruk melalui penataan furnitur dan ornamen. Hal ini juga menentukan tanggal keberuntungan.

AFP juga menyatakan bahwa tidak ada laporan peningkatan perkawinan pada 12/12/12 di daratan China dan Taiwan.

Sementara itu, ada pasangan yang memilih menikah 12/12/12 karena pada 21 Desember ada yang mempercayai sebagai hari kiamat.

“Saya ingin bersama dia sebelum hari akhir dunia,” ujar calon pengantin bernama Leung.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Apakah juga pernikahan hari ini juga booming seperti di Singapura dan Hong Kong?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s