Kalahkan Chelsea 1-0, Corinthians Juara Dunia Antarklub 2012

TRIBUNMANADO.CO.ID- Klub asal Brasil, Corinthians, akhirnya mengubur asa klub Inggris, Chelsea, untuk meraih gelar Juara Piala Dunia Antarklub pertama mereka. Di pertandingan final yang digelar di Yokohama Jepang, Minggu (16/12/2012), Corinthians berhasil menaklukkan Chelsea dengan skor tipis 1-0, lewat gol yang dicetak oleh Paulo Guerrero di menit ke-70. Corinthians pun berhasil merebut gelar juara Piala Dunia Antarklub 2012.Chelsea sebenarnya tampil dengan kekuatan terbaiknya, termasuk striker Fernando Torres yang diduetkan dengan Juan Mata di lini depan. Sementara di lini tengah Eden Hazard ditandemkan dengan Frank Lampard sebagai motor tim. Hanya Jhon Terry yang tidak bisa diturunkan lantaran masih cedera.

Namun demikian, Corinthians justru tampil lebih mengejutkan. Meski dari kualitas kebintangan mereka kalah jauh dari Chelsea, namun para pemain Corinthians terlihat lebih kompak dalam membangun serangan.

Peluang pertama diraih Chelsea saat pertandingan memasuki menit ke-10. Adalah Gary Cahill yang nyaris membahayakan gawang Corinthians, saat tendangannya dari jarak dekat masih mampu ditahan kiper Cassio. Corinthians kemudian membalas di menit ke-18. Striker Emerson melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun masih bisa ditangkap oleh Petr Cech.

Corinthians juga sempat mendapat peluang emas, saat pergerakan Paolo Guerrero di dalam kotak diakhiri, yang diakhiri dengan tendangan keras, namun berhasil diblok oleh David Luiz. Hingga akhir babak pertama, skor tetap imbang 0-0 untuk kedua tim.

Pertandingan tak banyak berubah di babak kedua. Kedua kubu sama-sama berusaha melancarkan serangan setiap menguasai bola. Chelsea kembali menjadi yang pertama menciptakan peluang di babak kedua, melalui tembakan Frank Lampard (51) dan Eden Hazard (54). Sementara tembakan Lampard terblok, tembakan Hazard dijinakkan Cassio.

Peluang berikutnya diciptakan kubu Corinthians melalui Emerson pada menit ke-55. Namun, tembakan jarak jauh Emerson diblok Cahill. Setelah itu, Corinthians terus menekan. Nyaris tanpa terancam, mereka menciptakan ancaman melalui Paulinho (64) yang meleset dan Danilo (69) yang berujung gol Guerrero.

Selepas menit ke-70, Chelsea memperbaiki koordinasi permainan mereka. Selain bisa mematahkan serangan lawan di tengah jalan, Chelsea juga kembali menemukan konsistensi menciptakan peluang.

Fernando Torres membuka lembaran baru permainan Chelsea dengan tembakan pada menit ke-74, yang meleset dari sasaran. Corinthian belum menciptakan ancaman baru, ketika Torres mencoba peruntungannya pada menit ke-86, yang diantisipasi Cassio.

Di tengah usaha itu, Chelsea mendapatkan masalah berupa kartu merah untuk Cahill pada menit ke-90. Tanpa Cahill, Chelsea mencetak gol melalui Torres pada menit ke-90+2. Namun, gol itu dianulir karena wasit menilai Torres off-side.

Setelah itu hingga laga berakhir, tak ada peluang baru kecuali tembakan Juan Mata pada menit ke-90+5 yang meleset dari sasaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s