belajar dari pengalaman di masa lalu

Pernahkah kita mendengar ada orang mengatakan bahwa masa lalu membuatnya menderita atau kehilangan segala – galanya? pernahkah kita mendengar perceraian telah membuat orang tersebut tidak percaya diri pada siapapun dan membuatnya bersumpah untuk tidak menikah lagi? Banyak orang mengeluhkan masa lalu dan masa depan. Keduanya tidak ada di saat ini. Masa lalu dan segala peristiwa yang ada di dalamnya telah berlalu sebagai pengalaman.
Dari penjelasan diatas, banyak pandangan negatif dari setiap orang akan masa lalunya sebagai penyebab kegagalan. Tetapi ketika ia memahami kemampuan yang ia pelajari dari pengalaman, maka masa lalu yang suram malah akan menjadi sahabatnya. Jika bukan karena masa lalu, ia tidak akan bisa mengambil pelajaran untuk lebih waspada dan lebih kuat di saat sekarang ini.
Sebenarnya, apa yang disebut dengan kegagalan tidak ada. Yang ada adalah dampak atau akibat. Maka, apabila kita tidak rela dengan apa yang telah kita capai dalam kehidupan, sebaiknya perhatikanlah perilaku kita dan perbaiki. Susunlah rencana baru dan lakukan dengan baik secara konsisten. Dengan demikian, kita pasti akan mendapatkan apa yang kita inginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s