Pacquiao Akui Kariernya Hampir Selesai

MANILA, Kompas.com – Superstar tinju Filipina, Manny Pacquiao, mengakui bahwa kariernya di arena tinju profesional mendekati akhir. Pernyataan itu dilontarkan “Pacman” saat menjawab pertanyaan temannya yang merupakan mantan gubernur Cotabato Utara, Emmanuel Pinol, Jumat (25/1/2013).

Pinol menanyakan apakah Pacquiao akan terus bertinju selama lebih dari tiga tahun. Peraih gelar juara dunia di delapan kelas berbeda ini dengan tegas menjawab tidak.

“Tiga tahun? Itu terlalu panjang,” ujar Pacquiao, dalam sebuah percakapan santai dengan Pinol, yang menangai beberapa petinju.

Pacquiao, yang merupakan petinju terbaik yang pernah dimiliki Filipina, sudah menekuni olahraga adu jotos ini selama hampir dua dekade. Dalam perjalanan karier itu, Pacquiao mengoleksi delapan gelar juara dunia di delapan kelas berbeda, dengan mengalahkan sejumlah petinju hebat seperti Erik Morales, Marco Antonio Barrera, Ricky Hatton, Miguel Cotto, dan Oscar de la Hoya.

Namun pada awal Desember tahun lalu, Pacquiao harus merasakan pahitnya kekalahan dari rivalnya yang berasal dari Meksiko, Juan Manuel Marquez. Dalam duel edisi keempat itu, Pacquiao dipukul KO pada ronde keenam.

Pacquiao mengatakan bahwa dirinya masih punya keinginan naik ring lagi pada bulan April mendatang, sebelum dia mulai disibukkan oleh kampanye pemilihan kembali dirinya sebagai anggota dewan di provinsi Sarangani. Dia juga mengincar pertarungan kelima melawan Marquez, yang dijadwalkan berlangsung pada bulan September.

Meskipun sudah punya rencana untuk naik ring pada bulan April nanti, sampai sekarang Pacquiao dan penasehatnya, Michael Koncz, masih mencari tempat yang cocok. Pasalnya, Pacquiao tak ingin bertarung di Amerika Serikat, lantaran pajak yang terlalu tinggi.

“Saya sedang mengincar Manila atau Singapura sebagai tempat pertandinganku yang berikutnya,” ujar Pacquiao.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s