Tiga Gol Bayern Redam Meriam London

LONDON, KOMPAS.com  Bayern Muenchen sukses mengalahkan Arsenal 3-1 pada babak 16 besar Liga Champions di Stadion Emirates, Selasa atau Rabu (20/2/2013). Tiga gol Bayern dicetak Toni Kroos, Thomas Muller, dan Mario Mandzukic. Sementara tim tuan rumah memangkas skor lewat Lukas Podolski.

Arsenal lebih dulu mengambil inisiatif menyerang. Pada menit ketiga, Jack Wilshere dengan cerdik mengirimkan umpan terobosan kepada Santi Cazorla di sisi kanan lapangan. Namun, kesempatan itu gagal membuahkan hasil karena bola umpan silang Cazorla masih dapat dipotong dengan baik oleh Manuel Neuer.

Terus diserang, Bayern mencoba keluar tekanan. Alhasil, usaha mereka pun membuahkan hasil karena Kroos mampu membungkam pendukung tim tuan rumah setelah sukses mencetak gol pada menit ketujuh. Memanfaatkan umpan silang Muller, Kross melepaskan tendangan first time yang tak mampu dihalau Szczesny.

Theo Walcott sempat membuat barisan pertahanan bekerja keras lima menit berselang. Berawal dari serangan balik, gelandang asal Inggris itu melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Bayern. Beruntung, kesempatan itu gagal dimanfaatkan dengan baik sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok bagi The Gunners.

Berusaha untuk menyamakan kedudukan, Arsenal justru harus kembali kebobolan pada menit ke-21 lewat kreasi Muller. Berawal dari tendangan pojok yang kemudian disambut sundulan Daniel van Buyten. Namun, Szczesny tak sempurna menepis bola sundulan itu yang kemudian langsung disambar Muller untuk mengubah skor menjadi 2-0 untuk Bayern.

Ketinggalan dua gol, tim tuan rumah kembali mencoba menekan Bayern untuk memangkas selisih skor. Namun, sejumlah peluang Theo Walcott dan kawan-kawan kerap menemui kebuntuan karena barisan pertahanan tim tamu tampil cukup disiplin.

Pada menit ke-37 misalnya, ketika Walcott mendapatkan peluang setelah mampu memanfaatkan kesalahan pemain belakang Bayern, David Alaba. Namun, setelah beraksi menusuk jantung pertahanan Bayern, bola tendangannya masih dapat diblok bek lawan.

Selepas turun minum, Arsenal akhirnya mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui gol Podolski pada menit ke-55. Bomber asal Jerman itu sukses menyarangkan bola ke gawang Neuer setelah mampu memaksimalkan umpan tendangan pojok Jack Wilshere.

Di paruh kedua ini, permainan Arsenal membaik. Banyak mengandalkan aksi Walcott dan Cazorla di sisi sayap, The Gunners beberapa kali mampu membuat barisan pertahanan Bayern harus bekerja keras. Sementara tim tamu sendiri terlihat mengandalkan serangan balik yang cepat.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, pun memasukan Thomas Rosicky dan Olivier Giroud di pertengahan babak ini untuk menambah daya gedor skuadnya. Perubahan itu hampir saja membuahkan hasil jika bola tendangan Giroud menerima umpan Walcott tidak dapat ditahan dengan baik oleh Neuer pada menit ke-72.

Namun, lagi-lagi barisan belakang Arsenal kurang konsentrasi ketika mengawal para bomber Bayern. Berawal dari aksi Robben di lapangan tengah. Ia kemudian memberikan umpan kepada Philipp Lahm yang langsung mengirimkan bola ke kotak penalti. Dengan cepat Mandzukic pun menyerobot bola umpan itu untuk kembali memperlebar jarak menjadi 3-1 untuk timnya.

Arsenal sempat mendapatkan hadiah tendangan bebas pada menit-menit akhir pertandingan, yang berujung kepada tendangan Cazorla dari sisi kiri lapangan. Namun, bola tendangannya tersebut masih dapat diblok barisan belakang Bayern. Skor 3-1 untuk Bayern pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Arsenal menguasai bola sebanyak 54 persen dan menciptakan delapan tembakan akurat dari 11 usaha. Adapun Bayern melepaskan delapan peluang emas dari 16 percobaan.

Susunan Pemain:
Arsenal (4-2-3-1):
1-Wojciech Szczesny, 3-Bacary Sagna, 4-Per Mertesacker, 5-Thomas Vermaelen, 6-Laurent Koscielny, 8-Mikel Arteta, 10-Jack Wilshere, 14-Theo Walcott, 16-Aaron Ramsey (7-Thomas Rosicky 70), 19-Santi Cazorla, 9-Lukas Podolski (12-Olivier Giroud 72).
Pelatih: Arsene Wenger.

Bayern (4-5-1): 1-Manuel Neuer, 4-Dante, 5-Daniel Van Buyten, 21-Philipp Lahm, 7-Franck Ribery (10-Arjen Robben 63), 8-Javi Martínez, 25-Thomas Muller, 27-David Alaba, 31-Bastian Schweinsteiger, 39-Toni Kroos (30-Luis Gustavo 73), 9-Mario Mandzukic.
Pelatih: Jupp Heynckes.

Wasit: Svein Oddvar Moen (Norwegia).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s