GERAKAN ANTI MABUK -“Brenti jo bagate”

Artikel ini sama sekali tidak berkaitan dengan MISTERI dan saya khusus mendedikasikannya sebagai bentuk partisipasi dalam mendukung GERAKAN ANTI MABUK 2012 dengan Tema “Brenti jo bagate” yang dicanangkan oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Utara dan turut di dukung sepenuhnya oleh TELKOMSEL & KOMUNITAS BLOGGER SULAWESI UTARA.

“Izinkanlah saya agar membahas artikel ini sebagai bentuk partisipasi saya mewakili generasi muda Indonesia  khususnya Sulawesi Utara, yang sangat mendukung GERAKAN ANTI MABUK 2012. 

Sebenarnya bagi kita para generasi muda Indonesia (pada Umumnya) & Sulawesi Utara (pada khususnya) ada banyak cara untuk menjalani kehidupan ini. 

“Meskipun berat jalan hidup yang kita alami, alangkah bijaknya kita tidak mengambil jalur yang salah dan hanya membawa kita dalam kenikmatan sesaat yang malah berujung menyesatkan.

Berbicara tentang Minuman Keras tentu saja tidak lepas dari minuman yang mengandung Alkohol. Berikut ini saya sentil sedikit saja mengenai definisi Minuman Keras, serta beberapa Fakta dan Mitos yang berkembang di kalangan masyarakat.



Minuman Keras
Minuman Keras pada dasarnya adalah bentuk dari minuman yang mengandung Etanol yang bilamana jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan berdampak hilangnya kesadaran sebab kandungan bahan psikoaktif terkandung didalamnya.

Minuman beralkohol dianggap sebagai zat narkotika karena cenderung menimbulkan ketagihan, bisa berbahaya bagi pemakainya karena dapat mempengaruhi pikiran, suasana hati dan sikap, serta menyebabkan kerusakan fungsii organ tubuh. Memang Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi minuman keras adalah memberikan rangsangan, menenangkan, menghilangkan rasa sakit, membius, serta membuat gembira tetapi ingat itu hanya dalam jangka waktu yang sementara! Out of control seringkali terjadi dalam mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan.

Fakta dan Mitos

Ada beberapa  fakta dan mitos(anggapan yang salah)  tentang  orang-orang yang mengkonsumsi Minuman Keras(alkohol).

“Mitos: “. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah bahwa saya akan pingsan dan  mabuk besok”

“Faktanya adalah bahwa kematian bisa cenderung terjadi jika kita mengkonsumsi alkohol terlalu banyak.! Hal ini sebabkan oleh keracunan alkohol atau intoksikasi alkohol akut dan terjadi ketika tingkat alkohol dalam tubuh bertindak sebagai racun, menyebabkan kematian atau overdosis. Contoh lain bahwa alkohol dapat menyebabkan kematian : mengemudi dalam keadaan mabuk, terjatuh, hingga bunuh diri.

 

“Mitos: “. Orang akan pingsan karena minum sepanjang waktu dan Tak ada yang perlu dikhawatirkan.”

“Faktanya adalah bahwa Anda pingsan karena ketidakmampuan tubuh untuk mentolerir jumlah alkohol yang telah Anda masukkan ke dalamnya. Alkohol akan membuat kinerja sistem saraf pusat yang berfungsi untuk memperlambat denyut jantung menjadi terganggu, menurunkan tekanan darah Anda, dan memperlambat laju pernapasan Anda. Setelah otak Anda telah cukup tertekan oleh alkohol, Anda akan kehilangan kesadaran/pingsan. Jumlah alkohol yang dibutuhkan untuk membuat Anda pingsan sama berbahayanya dengan jumlah alkohol yang dibutuhkan untuk membuat Anda mati!

“Mitos: “. Hal terbaik yang harus dilakukan bagi seseorang yang mabuk adalah menempatkan mereka ke tempat tidur dan membiarkan mereka tidur.”

“Meskipun ini adalah sebagian benar, faktanya adalah bahwa orang yang mabuk dan tidak berdaya harus dirawat. JANGAN TINGGALKAN ORANG (mabuk) dengan membiarkannya begitu saja! Dampingi orang itu, periksa pernapasan mereka, periksa suhu kulit mereka, dan sering untuk mencoba  membangunkan mereka. Sebab jika tidak hal terburuk yang mungkin akan terjadi adalah gagalnya pernapasan sehingga bisa mengakibatkan Kematian.

“Mitos: “Jika teman saya mabuk hingga pingsan, saya tidak akan menolongnya.”.

“Faktanya adalah bahwa jika Anda tidak meminta bantuan, teman Anda tidak mungkin akan bertahan hidup sampai bisa marah kepadamu karena tidak menolongnya. Ketika seseorang telah mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dan pingsan, Orang tersebut telah menderita keracunan alkohol dan memerlukan perhatian medis.

 

Alkohol dan Tidur

Kebanyakan orang berpendapat bahwa minum satu atau dua sloki Minuman Keras (alkohol) sebelum tidur bisa membantu mereka tidur lebih cepat dan lelap. Ini mungkin benar. Namun, sebenarnya seperti sifat alkohol dan metabolisme di malam hari, tidur anda bisa menjadi semakin lelap dan juga bisa menjadi terganggu. Sejauh mana kinerja kognitif dan fisik terganggu oleh intensitas tidur secara langsung yang  berkaitan juga dengan sejauh mana seseorang itu akan ‘mabuk’ pada saat ia tertidur. Umumnya, semakin seseorang itu  mabuk, akan semakin terganggu tidurnya.
Efek samping yang akan terjadi yaitu gangguan metabolisme dan bisa mengalami mimpi buruk. Gangguan tidur yang terjadi bisa menyebabkan kelelahan dan mengantuk di siang hari. Semakin cepat orang tersebut akan tertidur, maka akan mengalami peningkatan gangguan tidur. Alkohol yang dikonsumsi hingga 6 jam sebelum tidur dapat mempengaruhi pola tidur anda.
Orang dewasa rata-rata tidur selama 8 jam semalam, meskipun orang lain dengan situasi berbeda mungkin membutuhkan jam tidur lebih atau kurang. Orang yang tidak cukup tidur lebih rentan mengalami:

– Depresi
– Penurunan kemampuan berpikir
– Lebih mudah emosi/tersinggung/marah
– Kurang fokus/ penurunan daya konsentrasi
– Gangguan fungsi sosial dan pekerjaan
– Rentan terhadap gangguan kondisi medis seperti penyakit jantung

Kurang tidur dan konsumsi alkohol mungkin adalah kejadian biasa dalam kehidupan seorang mahasiswa perguruan tinggi, seorang pekerja lembur dsb. Dari perspektif psikologis, tidak jarang mereka yang suka mengkonsumsi minuman keras/ alkohol sering mengalami perasaan gelisah, tidak percaya diri, grogi dan cepat lelah, dan lebih mudah tersinggung dari biasanya. Secara fisiologis, kinerja ketahanan fisik tentu saja sangat terganggu.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Anda Mengalami Keracunan Alkohol?

Alkohol akan menekan saraf yang mengontrol tindakan disengaja seperti pernapasan dan refleks muntah (yang mencegah tersedak). Dosis berlebihan dan fatal dari alkohol akhirnya akan menghentikan fungsi tersebut.
Sangat  umum bagi seseorang yang minum alkohol  berlebihan akan muntah hal ini disebabkan karena alkohol menyebabkan iritasi pada perut.

“Ada kasus yang cukup berbahaya yaitu bahaya tersedak muntahan, yang bisa menyebabkan kematian karena sesak napas pada orang yang tidak sadar karena mabuk.

Anda juga harus tahu bahwa alkohol dalam darah seseorang dapat terus meningkat bahkan saat dia sedang pingsan. Bahkan setelah seseorang berhenti minum, alkohol dalam perut dan usus terus memasuki aliran darah dan beredar ke seluruh tubuh. Hal ini berbahaya jika menganggap orang tersebut akan baik-baik saja bila tertidur.

Mengidentifikasi Dan Perawatan Untuk Orang Mabuk

Apabila anda kebetulan berada dalam kondisi yang sulit, misalnya teman anda mabuk. Bagaimana Anda merawat orang ini? Bagaimana Anda mengetahui apakah orang itu mabuk akut/keracunan alkohol? Apa yang harus Anda lakukan? Di bawah ini adalah beberapa tanda dan gejala keracunan, keracunan alkohol, dan langkah-langkah untuk mengambil tindakan yang tepat.
IDENTIFIKASI
Alkohol mempengaruhi setiap individu dan berbeda. Pengaruh alkohol terhadap seseorang akan bervariasi sesuai dengan suasana hati seseorang, jumlah makanan di lambung, seberapa banyak dia minum, hingga campuran apa yang dia gunakan.
Tanda-tanda keracunan:
– Pupil mata melebar
– Muntah.
– Kejang-kejang
– Pernapasan melambat (kurang dari delapan napas per menit).
– Pernapasan tidak teratur (10 detik atau lebih).
– Hipotermia (suhu tubuh rendah), warna kulit kebiruan, pucat.
PEDULI 
Jika anda berada di situasi dan kondisi dengan teman/orang yang mabuk:
–  Tetap tenang sehingga orang mabuk akan tetap tenang.
–  Selalu bersiaplah untuk hal yang tak terduga.
–  Sadar akan bahaya fisik dan bersiaplah untuk mendapatkan bantuan medis segera jika diperlukan.
– Cobalah untuk membangunkan orang jika mereka tampaknya tertidur. Jika Anda tidak dapat membangunkan orang tersebut, Hubungi Medis dan minta bantuan!
Jika orang mabuk yang telah kehilangan kesadaran, pernapasan melambat, atau dingin, kulit pucat akibat mengalami intoksikasi alkohol akut (keracunan alkohol). Ini adalah keadaan darurat medis dan Anda HARUS mendapatkan bantuan.

“JANGAN: Tertawa, menertawakan, atau memprovokasi orang,
Membiarkan orang itu untuk mengendarai mobil atau kendaraan

Jangan takut untuk mencari bantuan medis untuk seorang teman yang memiliki terlalu banyak minum. Jangan khawatir bahwa teman Anda mungkin menjadi marah atau malu-ingat, Anda cukup peduli untuk membantu.Selalu aman, tidak menyesal.

Alkohol/Minuman Keras = RACUN

Minum alkohol secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan semua orang. Selain berbahaya bagi kesehatan, hal tersebut juga bisa membahayakan orang-orang yang berada disekitar anda. Bayangkan saja saat ini begitu banyak tindak kejahatan kriminal yang terjadi akibat dari MABUK(konsumsi minuman keras).
– Pemerkosaan
– Pembunuhan
– Kecelakaan 
Dan segelintir tindak kriminal lainnya bisa terjadi hanya berawal dari sebotol Minuman Keras.
Selain itu beberapa orang mungkin menertawakan perilaku orang lain yang mabuk. Mereka pikir itu lucu bahkan ketika melihat orang mabuk itu jatuh pingsan.

Tapi sebenarnya tidak ada yang lucu sebab sudah banyak sekali kasus dari orang – orang yang menjadi korban akibat dari mengkonsumsi minuman keras, yang berakibat muntah mengalami sesak napas atau keracunan pusat pernapasan di otak hingga berujung pada kematian.


JANGAN SAMPAI HAL ITU TERJADI PADA KELUARGA ANDA TEMAN/SAHABAT ANDA ATAU BAHKAN PADA ANDA SENDIRI.

Rubah pola atau Gaya Hidup Kita menjadi Gaya Hidup yang Bebas dari MINUMAN KERAS !

“Muda itu tidak terlalu mengandalkan ‘KEBEBASAN’..! Kebebasan yang BERLEBIHAN  justru akan membawa anda pada KESESATAN..! 

“Brenti jo bagate”

SUKSESKAN GERAKAN ANTI MABUK 2012.
I don’t need alcohol or drugs to cure my problems, music is all I need. – Hawkson

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s