Kardinal Argentina, Paus Baru Terpilih

VATIKAN, KOMPAS.com — Konklaf memilih Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio menjadi Paus ke-266 menggantikan Paus Benediktus XVI. Pengumuman nama Paus baru ini disampaikan dari balkon St Petrus, Rabu (13/3/2013) pukul 20.12 waktu setempat.

Jorge Mario Bergoglio, SJ yang lahir pada 17 Desember 1936 adalah Kardinal Argentina Gereja Katolik Roma. Dia telah menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires sejak 1998. Dia diangkat menjadi kardinal pada 2001. Konklaf di Kapel Sistina, Rabu (13/3/2013), memilihnya menjadi Paus ke-266.

Bergoglio memilih Francis untuk nama baru Paus. Dia adalah Paus pertama yang berasal dari kawasan Amerika Selatan.

Pidato Perdana, Paus Francis Minta Dukungan dan Doa

VATIKAN, KOMPAS.com — Paus Francis tampil perdana di balkon Basilika St Petrus, menghadap ribuan umat Katolik yang berkumpul di Lapangan Basilika, Rabu (13/3/2013) pukul 20.23 waktu setempat. Selama sekitar 10 menit, dia menyampaikan pidato perdananya.

“Sepertinya, para kardinal, saudara saya, telah memilih satu orang dari jauh sana. (Tapi) inilah saya di sini,” ujar Paus Francis dengan ramah, mengawali pidato perdananya.

Dia mengucapkan terima kasih atas sambutan umat Katolik terhadap dirinya. Dalam pidato singkatnya tersebut, Paus Francis meminta doa dan dukungan dari seluruh umat Katolik di dunia.

“Sebelum saya memberikan berkat, saya meminta bantuan Anda: Saya ingin kalian memberkati saya,” ujarnya sebelum meminta umat hening sejenak. Paus Francis kemudian memberikan pemberkatan yang biasa disebut Urbi et Orbi atau Untuk Kota dan Seluruh Dunia.

Jorge Mario Bergoglio, Uskup Agung Buenos Aires, terpilih sebagai Paus, Rabu (13/3/2013), dalam konklaf hari kedua. Ia adalah Paus pertama dari Amerika Latin dan merupakan Paus pertama yang bukan berasal dari kawasan Eropa. Dia akan menggunakan nama Paus Francis.

Bergoglio adalah Uskup Agung Buenos Aires, Argentina, sebelum mengundurkan diri karena usia yang telah mencapai 76 tahun.

Selama ini, Bergoglio dikenal sebagai “orang lurus” dan konservatif. Salah satu pandangannya yang keras telah menyebabkan perdebatan dengan Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner. Bergoglio menentang keras perkawinan sesama jenis dan peredaran bebas alat kontrasepsi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s