Kalahkan Rayo, Barca Menjauh dari Madrid

BARCELONA, KOMPAS.com – Barcelona semakin mantap di puncak klasemen Liga BBVA setelah menang 3-1 atas Rayo Vallecano dalam lanjutan Liga BBVA di Stadion Camp Nou, Minggu atau Senin (18/3/2013) dini hari WIB.

Hasil ini semakin mempertegas Barcelona di puncak klasemen Liga BBVA dengan 74 poin atau unggul 13 poin dari pesaing terdekat, Real Madrid. Sedangkan Rayo berada di urutan ke-9 dengan 41 poin.

Asisten pelatih Barcelona, Jordi Roura, langsung memainkan Lionel Messi dan David Villa sejak menit pertama. Keduanya ditemani Alexis Sanchez sebagai trio penyerang Barcelona untuk membongkar pertahanan Rayo.

Peluang pertama Barcelona tercipta pada menit ke-8. Dari sebuah tendangan bebas Messi, bola meluncur deras ke gawang Rayo yang dikawal Ruben. Sayangnya, upaya tersebut gagal oleh tiang gawang Rayo.

Namun, pada menit ke-25, Barcelona berhasil membuka keunggulan. Melalui kreasi Messi, bola lantas dioper kepada Villa yang berada di sisi kiri. Tanpa ampun, Villa melepaskan tendangan keras yang merobek jala tim tamu.

Lima menit jelang turun minum, Barcelona menambah keunggulan. Kali ini, gantian Villa yang berperan terhadap gol kedua Barcelona yang dicetak Messi. Umpan terobosan Villa diteruskan Messi lewat tendangan mendatar yang tak mampu dihalau Ruben. Skor 2-0 untuk Barcelona bertahan sampai babak pertama berakhir.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Barcelona memperoleh peluang menambah keunggulan. Umpan Messi diterima Alexis Sanchez dengan sempurna. Akan tetapi, bola tembakan pemain asal Cile itu masih menyamping tipis dari jala Rayo.

Memasuki menit ke-57, Barcelona meraih gol ketiga. Lagi-lagi, Messi yang mencatatkan namanya di papan skor. Lewat serangan cepat, Barca mengirim bola dari kotak penalti sendiri ke arah Villa. Dijaga bek Rayo dan terjatuh, Villa masih bisa mengirim umpan kepada Messi. Dengan cepat, Messi menyambut bola dan menusuk ke kotak penalti lawan setelah melewati bek Rayo, Arbilla. Tinggal berhadapan dengan kiper Rayo, Ruben, Messi mencungkil bola ke gawang tanpa bisa dihentikan.

Rayo akhirnya mendapat gol hiburan. Pada menit ke-71, umpan silang Piti disambar mantan kapten Espanyol, Raul Tamudo. Tembakan keras Tamudo membuat skor kini menjadi 3-1 tetap untuk kemenangan Barcelona. Hingga bubaran, Barcelona tetap membungkus kemenangan 3-1 atas Rayo.

Susunan Pemain
Barcelona:
13-Jose Pinto; 21-Adriano (2-Daniel Alves 23), 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 4-Cesc Fabregas (25-Alex Song 82), 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta (11-Thiago Alcantara 64); 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 7-David Villa
Pelatih: Jordi Roura (asisten)

Rayo: 1-Ruben; 2-Tito, 5-Alejandro Galvez, 22-Jordi Figueras, 14-Anaitz Arbila; 8-Adrian (19-Alhassane Bangoura 62), 17-Roberto Trashorras; 10-Piti, 11-Alejandro Dominguez (39-Isaac Gomez), 9-Jose Carlos; 23-Andrija Delibasic (15-Raul Tamudo 69)
Pelatih: Paco Jemez

Wasit: Jose Gonzalez

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s