Messi Cedera, PSG Tahan Barcelona

PARIS, KOMPAS.com — Paris Saint-Germain berhasil menahan keperkasaan Barcelona dan berbagi angka 2-2 dalam laga perempat final pertama Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Selasa atau Rabu (3/4/2013) dini hari WIB. Kedua gol pertama dalam laga itu masing-masing disunting aktor utama partai itu, Lionel Messi dan Zlatan Ibrahimovic. Sementara itu, dua gol lainnya disunting pada akhir paruh kedua.

Barcelona berusaha menguasai pertandingan sejak menit pertama. Beberapa kali operan Xavi Hernandez plus aksi Alexis Sanchez dan Dani Alves membahayakan pertahanan PSG. Namun, hingga menit kelima, Barca belum menuai hasil maksimal.

Les Parisiens justru nyaris membobol gawang Barcelona kawalan Victor Valdes. Tusukan Ezequiel Lavezzi menggoyahkan pertahanan Blaugrana. Bomber Argentina itu kemudian melambungkan bola melampaui Valdes. Hasilnya, bola masih mengenai tiang kanan gawang Barca.

Tiga menit kemudian, Xavi kembali mengancam barisan belakang PSG. Namun, tembakan jarak jauh pria berusia 34 tahun itu masih melebar dari jala Salvatore Sirigu.

Pada menit ke-13, PSG kembali menyengat. Berawal dari sepak pojok David Beckham, Alex melompat dan menyundul bola. Namun, Alves sudah cukup mengganggu bek Brasil itu hingga bola pun hanya menyamping di sebelah kanan gawang Valdes.

Pada menit ke-17, aksi serupa juga dikreasi Andres Iniesta. Lengkungan bolanya nyaris membahayakan gawang Sirigu, walau akhirnya menyamping.

Dua menit kemudian, Ibrahimovic beraksi membahayakan gawang Barca. Tembakan bebasnya mampu menembus pagar betis. Namun, bola keras mendatar masih dapat diantisipasi Valdes dengan tangan kanannya.

Barcelona akhirnya membobol gawang PSG. Messi memanfaatkan umpan cerdik Alves. Bomber Argentina itu lolos di kanan penalti PSG. Sekali kontrol, Messi memperdaya Sirigu dengan tembakan kaki kirinya.

Tiga menit jelang turun minum, Messi nyaris memperbesar keunggulan Blaugrana. Namun, tembakan lengkung kanannya masih tipis melebar, sementara Sirigu sudah teperdaya dan hanya mampu menyaksikan bola yang melayang keluar.

Sebelum laga paruh kedua dimulai, Messi digantikan Francesc Fabregas. Pemain Terbaik Dunia empat kali berturut-turut itu terpaksa keluar akibat dibelit cedera hamstring.

Pada menit ke-58, Ibrahimovic mendapatkan peluang bagus di depan gawang Barcelona. Namun, striker Swedia itu tak menduga Alves yang berdiri di depannya gagal menyundul bola. Alhasil, peluang PSG menghilang begitu saja.

Lima menit setelahnya, Barca kembali mengancam PSG. Lemparan panjang Valdes melampaui jangkauan gelandang bertahan PSG, Blaise Matuidi, dan Jordi Alba pun menyayat pertahanan Les Parisiens. Namun, eksekusi terakhir mantan pemain Valencia itu hanya melebar dari gawang Sirigu.

Kehilangan Messi tak membuat Barca mengendurkan tekanan. Pada menit ke-65, Fabregas menyodorkan bola kepada Sanchez. Tembakan mantan bomber Udinese itu sudah mengarah ke sasaran, tetapi tepat menuju ke tangan Sirigu. Peluang pun mentah dan Barcelona masih tetap memimpin 1-0.

Semenit setelah Marco Verratti masuk, striker muda Italia itu melepas umpan terukur untuk Maxwell. Bek sayap Brasil tersebut berusaha memperdaya Valdes dengan tembakan kaki kanan yang mengarah ke tiang dekat, tetapi gagal. Kiper Barca itu masih dapat membaca eksekusi dan mementahkannya.

Sebelas menit jelang waktu normal usai, PSG sukses menyetarakan keadaan. Bermula dari sundulan Thiago Silva, bola mengenai tiang kanan gawang Barcelona dan kembali ke depan gawang. Sekali sontek dengan kaki kiri, Ibrahimovic pun membobol jala Valdes.

Sampai menit ke-87, situs UEFA mencatat penguasaan bola Barcelona mencapai 65 persen plus membukukan 14 spekulasi dengan tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, PSG menuai 11 kali peluang dengan enam di antaranya tepat ke sasaran.

Semenit jelang waktu normal pungkas, Barcelona kembali memimpin setelah Sanchez lolos dan dilanggar Sirigu di kotak terlarang. Xavi yang menjadi algojo penalti dengan tenang melejitkan bola ke kanan gawang, sementara Sirigu telanjur bergerak ke kiri.

Namun, PSG mampu membalas saat injury time memasuki menit keempat. Bermula dari umpan lambung Christophe Jallet, Ibrahimovic menyuplai bola dengan tandukannya kepada Blaise Matuidi. Gelandang timnas Perancis itu pun melesakkan bola dan arahnya sempat berbelok setelah mengenai bek pengganti Marc Bartra. Valdes pun teperdaya dan bola meluncur pelan ke sebelah kanan gawang Barcelona.

Hingga wasit Wolfgang Stark meniupkan peluit panjang, kedudukan imbang 2-2 bertahan. Raksasa Catalan berpeluang melangkah ke semifinal berbekal dua gol tandangnya dan keuntungan bermain di kandang sendiri, Rabu (10/4/2013).

Susunan Pemain
PSG:
30-Salvatore Sirigu; 2-Thiago Silva, 13-Alex, 17-Maxwell, 26-Christophe Jallet; 14-Blaise Matuidi, 27-Javier Pastore (19-Kevin Gameiro 76), 29-Lucas Moura, 32-David Beckham (24-Marco Verratti 70); 11-Ezequiel Lavezzi (7-Jeremy Menez 66), 18-Zlatan Ibrahimovic
Pelatih: Carlo Ancelotti

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano (15-Marc Bartra 84), 18-Jordi Alba; 6-Xavi Hernandez, 8-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets; 7-David Villa (37-Cristian Tello 81), 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi (4-Cesc Fabregas 46)
Pelatih: Tito Vilanova

Wasit: Wolfgang Stark (Jerman)

*Dua Gol Bayern Benamkan Juventus

MUENCHEN, KOMPAS.com — Bayern Muenchen membuktikan diri sebagai salah satu favorit juara, setelah menumpas perlawanan satu-satunya wakil Serie-A, Juventus, dengan dua gol tanpa balas di Stadion Allianz Arena, Selasa atau Rabu (3/4/2013). Dua gol kemenangan FC Hollywood disumbangkan David Alaba dan Thomas Mueller. Tiga poin itu makin bermakna karena ditorehkan pada laga Bayern yang ke-150 sepanjang partisipasinya dalam kompetisi Eropa.

Baru semenit laga dimulai oleh wasit Mark Clattenburg, Bayern telah menuai gol pembukanya. Adalah Alaba yang mendapatkan umpan panjang, melewati kiper Gianluigi Buffon, dan kemudian memperdayai Arturo Vidal dengan tembakan congkelnya. Bayern memimpin 1-0.

Tiga menit kemudian, Juventus berusaha membalas. Sayangnya, tembakan datar Andrea Pirlo dari situasi tendangan bebas masih dapat dimentahkan pagar betis Bayern.

Pada menit ke-12, Pirlo kembali mengancam. Namun, tembakan bebasnya masih dapat diantisipasi Manuel Neuer.

Empat menit kemudian, Bayern harus mengganti Toni Kroos yang cedera, dengan Arjen Robben. Gelandang serang Belanda itu telah mencetak empat gol dalam empat pertandingan Bundesliga terakhirnya.

Pada menit ke-20, Mario Mandzukic berhasil merebut bola yang dikuasai Andrea Barzagli. Umpannya kepada Franck Ribery membuat penyerang Perancis itu bebas mengekeskusi peluang. Ironisnya, bola hanya menyamping dari tiang dekat Juventus.

Dua belas menit berselang, Robben kembali mendapatkan peluang berikutnya. Kali ini, sodoran bola Mueller yang gagal dimaksimalkannya, setelah tembakannya hanya membuat bola menyamping dari sasaran.

Beberapa saat jelang turun minum, sepak pojok Pirlo hampir menghasilkan gol balasan. Sayangnya, sundulan Leonardo Bonucci melambung dari gawang Neuer.

Sampai wasit Clattenburg meniupkan peluit jeda, Bayern memimpin 1-0 atas tamunya dari Serie-A, Juventus.

Pada menit ke-53, Luiz Gustavo mendapatkan peluang emas di kotak penalti Juventus. Namun, ia gagal melesakkan bola ke sasaran, setelah eksekusinya melambung jauh dari gawang Buffon.

Sepuluh menit kemudian, Die Roten menuai gol keduanya. Berawal dari sepakan Gustavo, Buffon mengeblok bola yang lalu menuju ke arah Mario Mandzukic. Dengan tenang, striker Kroasia itu menyodorkan bola kepada Thomas Mueller yang dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang I Bianconeri.

Tekanan Bayern makin gencar. Pada menit ke-70, Ribery mencoba peruntungannya dengan sepakan dari luar kotak penalti. Namun, Buffon berhasil membaca dan mengantisipasi bola yang menuju tiang dekat gawangnya.

Sampai laga berakhir, kedudukan 2-0 untuk Bayern tak berubah. UEFA mencatat, raksasa Bavaria itu menguasai pertandingan 54 persen dan menghasilkan 21 peluang dengan 10 di antaranya mengarah ke gawang Juventus.

Sementara itu, Si Nyonya Besar hanya mendapatkan tujuh kesempatan dengan tiga di antaranya tepat ke gawang Bayern.

Dengan hasil itu, pasukan Jupp Heynckes difavoritkan untuk melangkah ke semifinal. Sepekan ke depan, Die Roten punya modal dua gol tanpa kebobolan dan justru itu yang memperkecil peluang Juventus karena harus menuai kemenangan bermargin minimal tiga gol.

Susunan Pemain
Bayern:
1-Manuel Neuer; 4-Dante, 5-Daniel van Buyten, 21-Philipp Lahm, 27-David Alaba; 7-Franck Ribery (11-Xherdan Shaqiri 90), 25-Thomas Mueller, 30-Luiz Gustavo Dias, 31-Bastian Schweinsteiger, 39-Toni Kroos (10-Arjen Robben 16); 9-Mario Mandzukic (33-Mario Gomez 90)
Pelatih: Jupp Heynckes

Juventus: 1-Gianluigi Buffon; 3-Giorgio Chiellini, 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci; 8-Claudio Marchisio, 13-Federico Peluso (6-Paul Pogba 75), 21-Andrea Pirlo, 23-Arturo Vidal, 26-Stephan Lichtsteiner; 27-Fabio Quagliarella (12-Sebastian Giovinco 75), 32-Alessandro Matri (9-Mirko Vucinic 75)
Pelatih: Antonio Conte

Wasit: Mark Clattenburg (Inggris)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s