Dua Ledakan Hentikan Boston Marathon

BOSTON, KOMPAS.com — Setidaknya dua ledakan mengguncang lokasi di dekat garis finish di Boston Marathon, di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Senin (15/4/2013) siang waktu setempat. Setengah lusin orang dikabarkan mengalami luka serius, berdasarkan laporan salah satu produser CNN dari lokasi kejadian.

Ledakan terjadi berselang beberapa detik, terpisah di sisi berlawanan dari jalan. Produser CNN Matt Frucci melaporkan, ledakan pertama meninggalkan “segumpal besar asap” membumbung di kawasan tersebut, di sekitar Boston Copley Square. Jeda kedua ledakan, sebut dia, sekitar 10 detik.

Ledakan terjadi sekitar pukul 14.45 waktu setempat, sekitar dua jam setelah pelari pertama dari lomba lari maraton yang diikuti 27.000 orang ini menyentuh garis finish. Perlombaan langsung dihentikan, demikian juga layanan kereta bawah tanah menuju lokasi tersebut.

Paramedis mengobati beberapa korban di tempat kejadian, dan polisi memerintahkan penonton untuk menjauh dari area ledakan. Pasukan dari Garda Nasional Massachusetts diturunkan untuk membantu polisi menangani ledakan ini.

Seorang penonton, Josh Matthews, mengatakan, ia mendengar ledakan, kemudian melihat polisi berlari menuju tempat kejadian. “Kami hanya mendengar banyak sirene, dan orang-orang yang agak panik. Dan itu adalah situasi yang buruk, jadi kami keluar dari sana,” katanya. Seorang juru bicara untuk Rumah Sakit Umum Massachusetts mengatakan, empat pasien dirawat di sana.

*Amerika Tingkatkan Keamanan Menyusul Ledakan di Boston Marathon

BOSTON, KOMPAS.com — Otoritas Amerika Serikat menyatakan dua ledakan di Boston Marathon, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Senin (15/4/2013), sebagai serangan bom. Lokasi lomba maraton terkenal ini berubah wajah menjadi lokasi dengan kerusakan parah. Dua peledak lain ditemukan polisi dan telah dijinakkan. Keamanan dalam negeri ditingkatkan kewaspadaannya.

“Terasa seperti ledakan meriam besar,” tutur salah satu saksi mata seperti dikutip CNN.

Otoritas Boston menemukan bahan peledak lain yang kini telah dijinakkan. Sumber CNN menyatakan, peledak yang ditemukan berkekuatan rendah. Belum diketahui sampai saat ini, siapa pelaku penyerangan. Pejabat pemerintah negara bagian Massachussetts menyatakan tak ada ancaman serangan yang kredibel menjelang perlombaan.

Rumah Sakit Umum Massachusetts mengatakan merawat 19 orang yang terluka, 6 di antaranya dalam kondisi kritis. Sementara itu, Tufts Medical Center melaporkan, pihaknya menangani sembilan korban. Laporan polisi masih menyebutkan 22 orang terluka dan 2 orang tewas. Ketika ledakan terjadi, lokasi dipenuhi penonton dari maraton yang diikuti lebih dari 20.000 pelari itu.

“Kami berkoordinasi dengan para pejabat federal, negara bagian, dan kota,” tulis Gubernur Massachusetts Deval Patrick di Twitter. Jaksa Agung AS Eric Holder telah berbicara dengan Direktur FBI Robert Mueller dan Jaksa AS Carmen Ortiz, kata seorang pejabat Departemen Kehakiman. Otoritas Amerika telah mengerahkan sumber daya penuh dari Departemen Kehakiman untuk memastikan insiden ini sepenuhnya diselidiki, kata pejabat itu.

Federal Aviation Administration pun langsung melakukan pembatasan penerbangan di atas lokasi ledakan. Kota-kota lain, termasuk New York dan Washington, memperketat keamanan menyusul ledakan ini. Sebagai protokol standar, Gedung Putih pun langsung melakukan sweeping di area di depan West Wing, kediaman Presiden Barack Obama.

“Jika Anda melihat sesuatu, informasikan,” pinta Mark Boughton, Wali Kota Canbury, Connecticut, di Twitter. “Semua kota akan berada dalam status kewaspadaan tinggi, sebagai bagian dari protokol keamanan dalam negeri,” imbuh dia.

Ledakan terjadi sekitar pukul 14.45 waktu setempat, lebih dari dua jam setelah pelari pertama, dari perlombaan yang hampir diikuti 27.000 peserta, menyentuh garis finish. Perlombaan langsung dihentikan, demikian pula layanan kereta bawah tanah menuju lokasi ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s