Bayern Pesta 4 Gol ke Gawang Barca

MUENCHEN, KOMPAS.com — Bayern Muenchen berpesta empat gol tanpa balas saat menghadapi Barcelona pada pertandingan semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013).

Gol pertama tuan rumah dicetak Thomas Mueller pada menit ke-23. Sebuah umpan silang dari Arjen Robben dibelokkan Dante ke arah Mueller yang berada di depan gawang. Mueller menyundul bola ke arah gawang. Valdes melakukan antisipasi, tetapi tak cukup untuk mencegah bola masuk ke gawang.

Empat menit setelah turun minum, Bayern mendapatkan gol kedua dari Mario Gomez. Dari jarak dekat, Gomez meloloskan bola ke gawang Barcelona, memanfaatkan umpan Mueller.

Angka di papan skor diubah oleh Arjen Robben menjadi 3-0 pada menit ke-73. Setelah menguasai umpan Bastian Schweinsteiger, Robben menggiring bola masuk ke gawang dan, berkat bantuan Mueller, berhasil melewati Jordi Alba. Robben mengakhiri pergerakannya dengan melepaskan tembakan akurat dari sudut sempit, yang gagal dihalau Valdes.

Pesta gol Bayern ditutup oleh Mueller pada menit ke-82. Bayern membangun serangan melalui sektor kanan pertahanan Barcelona, yang berujung lepasnya umpan silang dari David Alaba. Mueller memenangi perebutan posisi dengan seorang pemain lawan sehingga bisa menyepak bola masuk ke gawang.

Secara umum, Barcelona mendominasi penguasaan bola, tetapi pemain-pemain Bayern membangun komunikasi dan koordinasi yang solid sehingga mampu memangkas umpan-umpan final Barcelona.

Di tengah kesulitan itu, Barcelona mencoba memecah kebuntuan dengan melepaskan sejumlah tembakan, tetapi tak cukup ampuh bagi Manuel Neuer.

Pada menit ke-69, misalnya, Lionel Messi melepaskan tembakan jarak dekat, tetapi diblok oleh Dante. Tak lama setelahnya, Marc Bartra melakukan usaha serupa, tetapi tak membuahkan gol akibat langkah antisipasi Neuer.

Di sisi lain, Bayern selalu berusaha mengalirkan bola dengan cepat ke lini pertahanan lawan melalui sektor sayap. Dengan permainan umpan silang ditambah keunggulan postur badan, Bayern mampu menyulitkan lini belakang lawan dalam menutup ruang dan menentukan siapa pemain yang perlu dikawal.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Bayern menguasai bola sebanyak 37 persen dan melepaskan sembilan tembakan titis dari sembilan usaha. Sementara Barcelona melepaskan dua tembakan akurat dari empat percobaan.

Bayern: 1-Manuel Neuer; 21-Philipp Lahm, 17-Jerome Boateng, 4-Dante, 27-David Alaba; 8-Javi Martínez, 31-Bastian Schweinsteiger; 10-Arjen Robben, 25-Thomas Mueller (14-Claudio Pizarro 83), 7-Franck Ribery (11-Xherdan Shaqiri 89); 33-Mario Gomez (30-Luis Gustavo Dias 71)

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 15-Marc Bartra, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 17-Pedro (7-David Villa 83)

Wasit: Viktor Kassai (Hongaria)

 

*Kalahkan Barca 4-0, Heynckes Belum Lega

MUENCHEN, KOMPAS.com — Pelatih Bayern Muenchen, Jupp Heynckes, menilai pasukannya tampil luar biasa saat mengalahkan Barcelona 4-0 pada leg pertama semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013). Meski begitu, ia mengaku belum lega karena masih ada leg kedua, di Camp Nou, 1 Mei 2013.

Kemenangan Bayern ditentukan oleh gol Thomas Mueller (25, 82), Mario Gomez (49), dan Arjen Robben (73). Menurut catatan UEFA, sepanjang laga itu, Bayern menguasai bola sebanyak 37 persen dan melepaskan sembilan tembakan titis dari 13 percobaan. Sementara Barcelona menciptakan dua tembakan titis dari empat usaha.

“Kami telah menampilkan permainan luar biasa sepanjang musim ini. Kegagalan meraih sukses dalam dua musim terakhir hanya membuat para pemain semakin berambisi meraihnya musim ini. Pemahaman taktik tim ini juga luar biasa, seperti halnya semangat mereka untuk berlari dan bertarung untuk satu sama lain. Pertandingan hari ini adalah contoh sempurna dari hal itu,” ulas Heynckes.

“Saya gembira dengan hasil akhir, tetapi tak lebih dari itu. Saya tahu, kami masih punya pertandingan 90 menit yang sangat sulit di Spanyol. Kami akan menikmati apa yang terjadi malam ini, tetapi tak lebih dari itu. Penting bagi kami untuk berpegang pada panduan taktik ketika bertanding melawan Barcelona dan itulah yang membuat tim saya unggul musim ini,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s