Basuki Ungkap Mandat dari Jokowi untuk PT Jakpro

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan sejumlah tugas yang menjadi tanggung jawab BUMD PT PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

“Jakpro banyak banget yang mau dikerjakan. Dia harus membereskan Waduk Pluit, menyediakan SPBG, membuat ruang bawah tanah Monas, reklamasi pantai, beli saham Palyja,” kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Kamis (1/8/2013).

“Jakpro itu propertinya bagus sekali. Kita mau go public dan saya yakin, Jakpro bisa jadi hebat,” tambah Basuki.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung PT Jakpro dengan menganggarkan penyertaan modal pemerintah (PMP) sebesar Rp 1,4 triliun dalam APBD Perubahan 2013.

Basuki menjelaskan, PT Jakpro telah mendapat mandat dari Gubernur DKI Joko Widodo untuk mereklamasi 12 pulau untuk dijadikan lokasi pembangunan jalur kereta api dan jalan raya bukan tol. Dengan begitu, nantinya ada semakin banyak jalur alternatif dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki jalur langsung ke Tanjung Priok.

Mengenai ruang bawah tanah di Monumen Nasional, saat ini PT Jakpro tengah membuat studi soal proyek tersebut.

Selain itu, saat ini PT Jakpro akan membuat studi ruang bawah tanah Monas. Detail Engineering Design (DED) ruang bawah tanah Monas menurut Basuki akan selesai tahun ini dan pembangunan akan dilakukan pada 2014.

PT Jakpro juga akan terlibat dalam pembangunan rumah susun (rusun) sebagai penyedia lahan. Menurut Basuki, tugas tersebut penting karena pengembang sering menanyakan di lahan mana rusun akan dibangun. Nantinya, pengembang rusun akan membangun di lahan milik PT Jakpro.

Basuki menerangkan, saat ini PT Jakpro tengah menyiapkan lahan untuk rusun seluas 45-100 hektare di Cilincing dan Marunda, Jakarta Utara. Jakpro, lanjut Basuki, ingin 20 persen dari lahan itu dikomersilkan dan 80 persen lainnya dimanfaatkan untuk rumah susun.

Selain menyediakan lahan, Jakpro juga akan membangun fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasus dan fasum) yang biayanya berasal dari pengembang. Nantinya, fasos dan fasum tersebut akanm dikelola oleh Jakpro.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s