Tahan Malaysia 1-1, Indonesia Melaju ke Semifinal AFF U-19

SIDOARJO, KOMPAS.com — Tim nasional Indonesia U-19 melaju ke semifinal Piala AFF U-19 setelah bermain imbang 1-1 dengan Malaysia pada laga terakhir Grup B Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (18/9/2013). Sempat tertinggal lebih dulu, Indonesia mampu menyamakan kedudukan pada babak kedua melalui torehan Ilham Udin.

Di semifinal, Indonesia akan menantang Timor Leste yang berstatus sebagai juara Grup A di Stadion Petrokimia Gresik, Jumat (20/9/2013). Sementara pemuncak klasemen Grup B, Vietnam, akan menghadapi Laos.

Pada pertandingan tersebut, Indonesia mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Beberapa kali kombinasi Evan Dimas dan Ilham Udin di lapangan tengah mampu merepotkan barisan pertahanan Malaysia pada menit-menit awal babak pertama.

Hingga pertengahan babak pertama, kedua tim memainkan tempo cepat. Namun, karena keasyikan menyerang, barisan belakang skuad Garuda Muda kurang berkonsentrasi saat menjaga pertahanan.

Hal itu pun mampu dimanfaatkan kubu Malaysia untuk mencetak gol lebih dulu melalui M Jafri pada menit ke-19. Lolos dari kawalan bek Indonesia, Jafri melepaskan tendangan keras tanpa mampu dihalau kiper Ravi Murdianto untuk membawa timnya unggul 1-0.

Enam menit berselang, Indonesia berusaha membalas. Sayang, tendangan keras Dinan Yahdian dari dalam kotak penalti mampu diblok oleh bek Malaysia sehingga peluang tersebut kembali terbuang sia-sia.

Kedua tim saling jual beli serangan hingga menit-menit akhir babak pertama. Akan tetapi, sejumlah peluang yang diperoleh tidak dapat dikonversikan menjadi gol. Skor 1-0 untuk Malaysia pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Indonesia mengubah strategi. Pelatih Indra Sjafri pun memasukkan Maldini untuk menambah daya gedor skuadnya. Perubahan itu pun membuahkan hasil karena serangan Indonesia lebih hidup.

Pada menit ke-52, Ilham Udin sukses membuat suporter pendukung tuan rumah bersorak setelah mampu mencetak gol untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol tersebut dilesakkannya seusai melakukan rebound dari bola tendangan keras Evan Dimas yang membentur tiang gawang.

Indonesia kembali mendapat peluang emas untuk berbalik unggul pada menit ke-69 dan ke-72 melalui Evan Dimas dan Dinan Yahdian. Akan tetapi, dua kesempatan tersebut masih dapat digagalkan kiper Malaysia, Ahmad Syihan, yang tampil cukup baik sepanjang laga ini.

Sepanjang babak kedua, Indonesia terlihat menguasai jalannya pertandingan. Pada menit ke-77, lagi-lagi skuad Garuda Muda memperoleh peluang emas. Sayang, sontekan bola Hardianto masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Malaysia.

Malaysia tidak menyerah dengan terus mencoba kembali mencetak gol hingga menit-menit akhir. Namun, pada babak ini barisan pertahanan Indonesia tampil cukup tenang sehingga sejumlah peluang yang diperoleh Malaysia dengan mudah dapat dipatahkan. Skor 1-1 pun bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain:
Indonesia: 1-Ravi Murdianto; 4-Mahdi Fahri Albaar, 2-Putu Gede Juni Antara, 13-M Sahrul Kurniawan, 14-Dimas Soemantri (3-Febly Gushendra 88); 8-Hargianto, 19-Zulfiandi, 6-Evan Dimas Darmono (17-Paulo Oktavianus 91); 20-Ilham Udin Armaiyn, 11-Hendra Sandi (15-Maldini 49); 9-Dinan Yahdian
Pelatih: Indra Sjafri

Malaysia: 1-Ahmad Syihan; 7-M Syazwan, 25-M Faris Shah, 27-Adam Shafiq, 18-Kannan Kalaisevlan; 28-M Fauzan (12-M Raphi Azizan 77), 20-Thanabalan Nadarajah, 8-M Irfan M Alif Haikal; 17-M Jafri (26-Nur Shamie 70), 30-Adam Nor
Pelatih: Aminuddin Bin Husin

*Pelatih Malaysia Puji Penampilan Evan Dimas

Bola.net – Penampilan cemerlang Evan Dimas kala membela Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Malaysia U-19, mendapat pujian dari Aminuddin Bin Hussin. Bahkan menurut pelatih Harimau Muda ini, Evan adalah kunci kebangkitan Indonesia hingga berhasil menyamakan kedudukan.

“Evan dimas pemain dengan skill individu bagus, kami lengah karena memberi dia banyak ruang,” keluh Aminuddin usai laga melawan Indonesia, Rabu (18/9) malam.

Sebelumnya, pendukung Timnas U-19 Indonesia dibuat ketar-ketir ketika tim kesayangan mereka tertinggal dari Malaysia di menit ke-19 pada laga terakhir penyisihan grup B di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Namun Indonesia berhasil bangkit di babak kedua dengan mencetak gol penyama kedudukan lewat tendangan Ilham Udin Armayn.

Hasil imbang ini memastikan Indonesia lolos ke babak semifinal, sementara langkah Malaysia terhenti di babak penyisihan grup. Mengomentari hasil ini, Aminuddin merasa kualitas individu pemain Timnas U-19 Indonesia memang lebih baik dari timnya.

“Semua pemain sudah berusaha maksimal, tetapi kami gagal karena kualitas individu pemain indonesia,” imbuh Aminuddin. (fjr/dzi)

#LIGA CHAMPIONS

Messi: Tiga Poin Penting

Bola.net – Maha-bintang Los Azulgrana; Lionel Messi, mengakui bahwa kemenangan di laga perdana Liga Champions edisi terkini sangatlah penting bagi kepercayaan diri rekan-rekan setimnya.

Barcelona FC sukses membuat tamunya Ajax Amsterdam tak berdaya. Bermain di Camp Nou (19/09/13), pasukan Gerardo Martino menang telak 4-0.

Di pertandingan tersebut, selain Gerard Pique, La Pulga turut mengukir namanya di papan skor. Tak tanggung-tanggung, tiga gol langsung dicetaknya, mengikuti torehan rival abadinya Cristiano Ronaldo.

Kendati demikian, Messi menilai kemenangan timnya lebih penting. “Merupakan hal penting mengawali musim dengan kemenangan di Camp Nou,” ujar Messi. Ketiga ditanyai perihal hat-tricknya ke gawang Ajax, ia tetap saja rendah hati dan tidak terlalu banyak berkomentar.

Barca juga menerapkan strategi serangan balik kala meladeni Ajax. Gol kedua Messi juga berawal dari skema tersebut. “Saya pikir sangat bagus jika kami menambah alternatif di dalam strategi permainan tim, selain itu kami juga memiliki pemain yang mampu menjalankan peran tersebut dengan sangat baik,” pungkasnya kepada Football-Espana.(foes/rdt)

*Review: Messi Hattrick, Ajax Terkubur di Camp Nou

Bola.netBarcelona FC meraih hasil positif di laga perdana Grup H Liga Champions, setelah memporak-porandakan Ajax Amsterdam empat gol tanpa balas (19/09/13).

Peraih Ballon d’Or empat kali dalam empat tahun; Lionel Messi mencetak hat-trick. Sementara Gerard Pique turut mencatatkan namanya di papan skor. Pemain Argentina tersebut menjadi man of the match.

Ini merupakan pertandingan Liga Champions pertama bagi pelatih baru Los Azulgrana; Gerardo Martino. Ia juga menargetkan tiga poin di laga debutnya. Selain itu, Bojan Krkic melakoni tahun kedua melawan tim yang membesarkan namanya. Musim lalu, ia tampil bersama AC Milan.

Di lima menit pertama, tim tuan rumah mendominasi laju laga. Neymar juga sempat mengancam gawang Ajax, namun punggawa Timnas Brasil itu gagal memberikan gol cepat. 0-0.

Memasuki 15 menit pertama, de Amsterdammers sanggup menahan gempuran Messi dkk. Lini pertahanan tim tamu sulit ditembus oleh Barcelona. Skor masih ‘kacamata’.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke 21. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Lerin Duarte terhadap Messi di luar kotak penalti Ajax. Peraih empat Ballon d’Or itu sendiri yang mengambil tendangan bebas dan berhasil mengoptimalkan peluang dengan baik. 1-0, Barca unggul sementara.

Pelatih Frank de Boer tampak kecewa dengan performa anak-anak asuhnya. Dari pinggir lapangan, ia tak pernah berhenti memberikan instruksi dengan berapi-api. Skor 1-0 bertahan hingga menit ke 36.

Ajax terus mengimbangi permainan Barca dan membuat beberapa peluang yang mengancam gawang Victor Valdes. Namun buruknya penyelesaian akhir merupakan kendala yang mereka hadapi. Dan pertandingan babak pertama berakhir 1-0.

Statistik (HT) Barcelona – Ajax:

  • Shots: 7 – 4
  • Shots on goal: 4 – 2
  • Penguasaan bola: 56% – 44%
  • Pelanggaran: 4 – 9
  • Corner: 3 – 1
  • Offside: 1 – 0
  • Kartu kuning: 0 – 1
  • Kartu merah: 0 – 0.

Babak kedua dimulai, dan Barca tetap membendung Ajax dengan permainan tiki-taka juga penguasaan bola. Bahkan di menit ke 55, La Pulga sudah membawa timnya unggul 2-0 melalui skema serangan balik yang dibangun Sergi Busquets. Situasi semakin tidak menguntungkan bagi Ajax.

Pertandingan memasuki menit ke 65, dan bola hanya berkutit di tengah lapangan. Tak ada peluang berarti yang tercipta dari kedua tim.

Namun, empat menit berselang, Neymar membuktikan diri sebagai ‘pelayan’ setia. Umpan silangnya meneruskan tendangan sudut, berhasil digapai Gerard Pique dan mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Cristiano Ronaldo ukir hat-trick, Messi pun ikut mencetak hat-trick. Pria Argentina itu berhasil memperdaya tiga hingga empat pemain Ajax, termasuk penjaga gawang Kenneth Vermeer yang dibuatnya tak berkutit. 4-0, Barca kembali unggul pada menit ke 75.

Ajax sebenarnya berpeluang membuat gol hiburan di menit ke 77, setelah wasit menghadiahi tendangan penalti. Javier Mascherano menjatuhkan Thulani Serero di kotak terlarang. Kolbeinn Sigthorsson bertindak sebagai algojo gagal memanfaatkan peluang dengan baik, usai tendangannya mampu dibaca oleh Valdes.

Los Azulgrana mulai mengendorkan serangan, dan tim tamu berniat memanfaatkan kesempatan itu namun gagal membuahkan hasil. Skor 4-0 bertahan hingga menit ke 90.

Wasit akhirnya meniupkan peluit berakhirnya pertandingan. Debut manis bagi Tata Martino, dan Messi mencetak hat-trick di pertandingan tersebut.

Barcelona (4-3-3): Valdes (Gk); Dani Alves, Pique (Bartra 80′), Mascherano, Adriano; Fabregas (Xavi 71′), Busquets, Iniesta; Sanchez, Messi, Neymar (Pedro 72′).

Ajax (4-3-3): Vermeer (Gk); Van Rhijn, Denswil (kartu kuning 85′), Moisander (kartu kuning 24′ + De hoorn 73′), Blind (Schone 78′); De Jong (Serrero 59′), Poulsen, Duarte; Bojan, Sigthorsson, Boilesen.

Statistik (FT) Barcelona – Ajax:

  • Shots: 16 – 9
  • Shots on goal: 7 – 7
  • Penguasaan bola: 57% – 43%
  • Pelanggaran: 11 – 14
  • Corner: 6 – 4
  • Offside: 1 – 1
  • Kartu kuning: 0 – 2
  • Kartu merah: 0 – 0.

(bola/rdt)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s