Tekuk Timor Leste, Indonesia Bertemu Vietnam di Final

SIDOARJO, KOMPAS.com — Tim nasional Indonesia U-19 lolos ke final Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Timor Leste U-19 dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Delta, Jawa Timur, Jumat (20/9/2013). Indonesia akan melawan Vietnam di partai puncak yang akan digelar pada Minggu (22/9/2013).

Aroma kemenangan memang sudah tercium sejak awal laga. Ancaman pertama Garuda Muda berasal dari tandukan Ilham Udin yang memanfaatkan sepak pojok Evan Dimas pada menit ketujuh.

Dan, Indonesia akhirnya unggul terlebih dulu berkat gol yang ditorehkan Ilham. Pemain bernomor punggung 20 tersebut berhasil menyarangkan bola ke sisi kanan gawang Timor Leste meskipun dihadang dua pemain lawan.

Setelah itu, Indonesia berusaha mengendalikan permainan. Muchlis nyaris memperbesar keunggulan Indonesia pada menit ke-20. Namun, ia terlalu lama memainkan bola di dalam kotak penalti sehingga si kulit bulat dicuri pemain lawan.

Indonesia pun semakin penasaran. Dengan memperagakan umpan-umpan pendek, Indonesia menggempur pertahanan musuh.

Sebuah peluang emas kembali dimiliki tim besutan Indra Sjafrie pada menit ke-35. Kali ini, Ilham kembali menguasai bola di depan kotak penalti lawan. Namun, lagi-lagi Ilham terlalu menguasai bola sehingga si kulit bulat lepas dari kakinya.

Tujuh menit sebelum turun minum, Indonesia harus kehilangan kiper Ravi Murdianto. Ia mengalami cedera dan posisinya digantikan oleh Rully Desrian. Indonesia kembali memiliki beberapa peluang, tetapi tak ada satu pun yang berhasil dikonversi menjadi gol sampai jeda.

Evan Dimas dan kawan-kawan kembali tampil menguasai pertandingan pada babak kedua.  Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-61. Kali ini, Muhammad Hargianto yang mencetak gol setelah tembakan yang dilepaskannya dari luar kotak penalti tak mampu dibendung kiper Timor Leste.

Indonesia tak mengendurkan permainannya meskipun telah unggul 2-0. Pelatih Indra juga berusaha mempertajam lini depannya. Ia menarik Ilham Udin dan menggantikannya dengan Dinan pada menit ke-70.

Dinan langsung menebar ancaman melalui aksinya pada menit ke-72. Sial bagi Indonesia, umpan yang dilepaskan Dinan masih bisa diblok pemain lawan.

Tidak peduli dengan kegagalan itu, Indonesia terus menyerang. Sayang, usaha Indonesia untuk mencetak gol tambahan tak membuahkan hasil. Indonesia pun harus menutup pertandingan dengan skor kemenangan 2-0.

Di final, Indonesia berjumpa Vietnam, yang lolos setelah menang 1-0 atas Laos. Ini menjadi ulangan pertandingan penyisihan Grup B, ketika Vietnam menang 2-1.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s