Penjahat Perang Nazi Terakhir Meninggal Dunia dalam Usia 100 Tahun

ROMA, KOMPAS.com — Mantan kapten pasukan khusus Nazi Jerman, SS, Erich Priebke, yang juga adalah penjahat perang Nazi terakhir, meninggal dunia di Roma, Italia, Jumat (11/10/2013), dalam usia 100 tahun.

Priebke pada 1998 dijatuhi hukuman seumur hidup atas perannya dalam pembantaian di gua Ardeatine, Roma, pada Maret 1944.

Saat itu, Priebke memerintahkan pasukannya mengeksekusi mati 335 warga sipil sebagai balasan tewasnya 33 prajurit Jerman oleh pemberontak Italia.

Untuk membunuh ratusan warga itu, Priebke memerintahkan pasukannya menembakkan satu peluru ke leher para warga sipil itu.

Saat Perang Dunia II berakhir, Priebke sempat kabur ke Argentina tetapi dideportasi ke Italia setelah mengaku terlibat pembantaian Roma dalam wawancara sebuah stasiun televisi AS.

Dalam sidang, Priebke mengakui memerintahkan pembunuhan itu dan mengaku menembak dua orang warga desa. Namun, dia bersikukuh yang dilakukannya hanyalah menjalankan perintah.

Setelah mengajukan banding atas hukumannya dan mengaku terlalu sakit untuk tinggal di dalam penjara, pengadilan kemudian menjatuhkan hukuman tahanan rumah.

Saat Priebke berulang tahun ke-100 pada Juli lalu, puluhan warga Yahudi di Roma menggelar unjuk rasa di depan apartemennya. Bahkan sedikit kerusuhan sempat muncul saat cucu Priebke datang membawa sebotol sampanye.

Kuasa hukum Priebke, Paolo Giachini, dalam pernyataan resminya mengatakan, Priebke melakukan wawancara terakhir sebagai “pernyataan politik dan kemanusiaannya”. Tidak dijelaskan kapan wasiat Priebke itu akan dirilis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s