Tahan Milan 1-1, Barcelona Kuasai Klasemen

KOMPAS.com — AC Milan dan Barcelona harus puas berbagi skor 1-1 pada matchday ketiga Grup H Liga Champons di Stadion San Siro, Selasa (22/10/2013) waktu setempat atau Rabu (23/10) dini hari WIB. Milan lebih dulu unggul lewat gol Robinho, sebelum Barcelona membalasnya lewat Lionel Messi.

Dengan hasil ini, Barcelona tetap memimpin klasemen sementara dengan raihan tujuh poin, hasil dari dua kali menang dan sekali seri. Sementara itu, Milan menempati peringkat kedua, terpaut dua angka dari Barcelona, yang pada matchday keempat akan menjamu Milan.

Di laga lain grup ini, wakil Skotlandia Celtic mendulang tiga poin setelah menang 2-1 atas tamunya yang merupakan raksasa Liga Belanda, Ajax Amsterdam. Dengan demikian, Celtic naik ke posisi ketiga setelah mengemas tiga angka, sedangkan Ajax terpuruk di dasar klasemen karena baru meraih satu angka.

Pada awal laga, Milan, yang kehilangan sejumlah pilarnya, tampil cukup agresif untuk mengimbang Barcelona. Tetapi, permainan kedua tim lebih banyak terjadi di lapangan tengah.

Milan membuat kejutan pada menit ke-9 ketika mereka berhasil unggul 1-0. Robinho berhasil menjebol gawang tim tamu, memanfaatkan kesalahan Gerard Pique yang tidak sempurna menghalau bola. Pasalnya, bola yang ingin dihalau menjauh dari daerah pertahanan mengenai Robinho yang bisa mengontrol dan memberikan umpan kepada Kaka yang bermain di sayap kiri. Mantan playmaker Real Madrid ini berhasil menembus kotak penalti dan kembali menyodorkan umpan kepada Robinho, yang melesakkan bola ke pojok kanan bawah.

Pada menit ke-23, Barcelona berhasil menyamakan kedudukan. Messi mengoyak jala Marco Amelia setelah mengecoh tiga pemain belakang tuan rumah. Gol ini berawal dari kesalahan barisan pertahanan Milan yang kehilangan bola karena terlalu lama bermain di sektor pertahanannya sehingga bisa direbut Xavi sebelum memberikan umpan kepada Messi yang menyisir dari sektor kanan. Setelah merangsek ke dalam kotak penalti dan melewati tiga pemain lawan, Messi melepaskan tendangan datar dengan kaki kirinya ke pojok kiri.

Seusai gol tersebut, Barcelona semakin mendominasi dan mengontrol jalannya pertandingan. Ini membuat Milan hanya mengandalkan serangan balik, tetapi sangat membahayakan pertahanan Barcelona, termasuk pada menit ke-27, melalui Phillipe Mexes. Sayang, sundulan pemain belakang tersebut ketika menyambut umpan tendangan pojok masih melebar tipis di sisi kiri gawang Victor Valdes. Padahal, penjaga gawang Barcelona itu sudah keluar dari posisinya untuk menyambut si kulit bundar.

Menit ke-37, Alexis Sanchez mendapatkan peluang ketika menerima umpan panjang dari lapangan tengah. Tetapi, bola sentuhannya meneruskan umpan tersebut bisa diantisipasi Amelia yang dengan sempurna menangkapnya.

Memasuki masa injury time babak pertama, Neymar nyaris membawa Barca unggul. Sayang, tendangan volinya dari dalam kotak penalti melebar di sisi kiri gawang Milan sehingga skor saat turun minum tetap imbang 1-1.

Pada babak kedua, Barcelona tetap memegang kendali permainan. Akan tetapi, pasukan Catalan ini kesulitan menembus pertahanan tuan rumah. Peluang terbaik datang pada menit ke-69 lewat Adriano yang menerima umpan silang dari sektor kanan. Sayang, eksekusi kaki kirinya tak sempurna sehingga bola melenceng di sisi kanan gawang Milan.

Milan melakukan dua pergantian pemain, yang pada awal musim ini kurang mendapat porsi bermain. Mario Balotelli menggantikan Robinho, sementara itu Urby Emanuelson menggantikan Kaka. Meski demikian, mereka sulit keluar dari tekanan Barcelona, yang pada awal musim 2013 ini belum terkalahkan di semua ajang.

Akan tetapi, penguasaan bola Barcelona menjadi “sia-sia” karena mereka kesulitan menembus kotak penalti Milan. Alhasil, laga dua tim favorit di Grup H ini berakhir dengan skor 1-1 karena tak ada gol yang tercipta di paruh kedua.

– Susunan pemain

Milan: 1-Marco Amelia, 5-Phillipe Mexes, 17-Cristian Zapata, 20-Ignazio Abate, 21-Kevin Constant, 4-Sulley Muntari, 14-Valter Birsa (Andrea Poli 80′), 18-Riccardo Montolivo, 34-Nigel de Jong, 7-Robinho (Mario Balotelli 64′), 22-Kaka (Urby Emanuelson 71′)
Pelatih: Massimilano Allegri

Barcelona: 1-Victor Valdes, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 21-Adriano, 22-Daniel Alves, 6-Xavi Hernandez, 8-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets, 9-Alexis Sanchez (Cesc Fabregas 74′)-10-Lionel Messi, 11-Neymar (Pedro Rodriguez 81′).
Pelatih: Gerardo Martino

Wasit: Felix Brych (Jerman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s