Seluruh Dunia Bergerak Galang Bantuan untuk Filipina

MANILA, KOMPAS.com — Negara-negara Teluk, Amerika Serikat, Australia, dan PBB mulai memobilisasi bantuan darurat untuk dikirimkan ke Filipina yang hancur akibat terjangan Topan Haiyan.

Sejumlah negara yang sudah memberikan komitmen bantuan antara lain Uni Emirat Arab, yang akan memberikan bantuan sebesar 10 juta dollar AS untuk Filipina. Sementara itu, Program Pembangunan Teluk yang dipimpin Pangeran Talal bin Abdul Aziz mengirimkan donasi sebesar 100.000 dollar AS lewat Pemerintah Filipina untuk para korban.

Amerika Serikat mengirimkan personel militer dan peralatan berat untuk membantu upaya rehabilitasi kawasan yang dihantam topan dahsyat itu.

“Amerika Serikat sudah mengirimkan bantuan kemanusiaan yang siginifikan dan kami siap terus membantu upaya pemulihan yang dilakukan Pemerintah Filipina,” demikian pernyataan Presiden Barack Obama.

Sebanyak 90 prajurit marinir dan pelaut AS, dilengkapi dua pesawat angkut KC-130J Hercules, meninggalkan pangkalannya di Jepang menuju ke Filipina. Mereka membawa berbagai peralatan, termasuk pesawat dengan baling-baling yang bisa diubah posisinya sehingga tak memerlukan landas pacu untuk mendarat atau tinggal landas.

Sementara itu, Pemerintah Australia sudah menjanjikan bantuan sebesar 9,38 juta dollar AS atau hampir Rp 100 miliar. Bantuan Australia itu termasuk tenda, alas tidur, jaring antinyamuk, kontainer air, dan peralatan kesehatan.

Selain itu, tim dokter Australia akan diterbangkan ke Filipina pada Rabu (13/11/2013) menggunakan pesawat angkut militer C-17 dari Darwin.

Dari New York, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon juga menjanjikan badan-badan kemanusiaan PBB akan bergerak cepat untuk membantu warga Filipina yang saat ini tengah menderita.

Unicef mengatakan, sebuah pesawat kargo yang membawa 60 ton bantuan, termasuk tenda dan obat-obatan, akan tiba di Filipina pada Selasa (12/11/2013). Selanjutnya akan dikirim alat pengolah air bersih dan perangkat sanitasi.

Sementara dari Vatikan, Paus Fransiskus pada misa Minggu (10/11/2013) memberikan doa khusus untuk Filipina dan menyerukan “bantuan konkret” untuk korban bencana.

Pihak lain yang saat ini tengah memobilisasi bantuan, antara lain Uni Eropa, Inggris, Jerman, Selandia Baru, Kanada, dan organisasi Dokter Tanpa Batas (MSF).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s