Review: Barca Keok di Kandang Ajax

Bola.netBarcelona harus menuai malu dalam lawatannya ke markas Ajax. Mengusung ambisi menang, Blaugrana justru takluk 2-1 atas tuan rumah dini hari tadi di ajang Liga Champions (27/11).

Gol kemenangan Ajax diciptakan oleh Thulani Serero (19′), dan Danny Hoesen (42′). Barca baru bisa memperkecil kekalahan berkat eksekusi penalti Xavi (49′).

Menit pertama dimulai, Ajax langsung menerapkan pressing ketat terhadap pemain Barcelona. Strategi tersebut cukup manjur di awal laga. Permainan Barca pun mengalami kesulitan untuk berkembang.

Hasilnya, Ajax sukses mengajak Blaugrana bermain dengan cara yang mereka inginkan. Dan strategi tersebut memang berhasil di babak pertama ini. Pada menit ke 19, tuan rumah mampu mencuri gol. Adalah Serero yang menjadi lakonnya. Berawal dari pergerakan Van Rhijn di sayap kiri pertahanan Barcelona, ia sukses mengirim umpan silang rendah dan Serero menyambutnya dengan sontekan. 1-0 untuk Ajax.

Mencoba bangkit, Barca yang mengandalkan Neymar di lini depan mengalami kesulitan. Gol penyeimbang pun tampak sulit untuk dijangkau. alih-alih mencetak gol, memasuki menit-menit akhir babak pertama, tim tamu kembali kebobolan.

Kali ini giliran Hoesen yang menyarangkan bola ke gawang Pinto. Usai terjadi sklimit di depan gawang Barca, Hoesen mampu memanfaatkan kesempatan dengan mencuri bola dan mengecoh Puyol. Sepakan lemah Hoesen tak mampu dihentikan Pinto. Kedudukan 2-0 ini tak berubah hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, bencana datang di kubu tuan rumah. Joel Veltman diusir wasit setelah melanggar Neymar di kotak terlarang. Wasit pun memberikan hadiah penalti kepada Barca. Xavi yang ditunjuk menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Kedudukan berubah  menjadi 2-1.

Usai insiden kartu merah tersebut, intensitas serangan permainan Ajax mulai mengendur. Tampaknya mereka mencoba mengamankan keunggulan dengan mengurangi penyerangan. Sebaliknya, Barca semakin nyaman dan berusaha membongkar pertahanan tuan rumah, sayang meski melawan 10 orang, Blaugrana masih belum mampu menyamakan kedudukan.

Dan akhirnya, peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan wasit. Barca pun harus pulang dengan tangan hampa setelah dikalahkan tuan rumah Ajax dengan skor 2-1.

Susunan line-up kedua tim:

Ajax (4-3-3): Cillessen; Van Rhijn, Veltman, Moisander, Boilesen (Poulsen 34′); Klaassen, Blind, Serero; Schone (Denswil 51′), Hoesen (Duarte 84′), Fischer.

Barcelona (4-3-3): Pinto; Puyol (Gabarron 68), Mascherano, Pique, Montoya; Xavi (Roberto 74′), Song, Iniesta; Pedro, Fabregas (Traore 82′), Neymar.  (bola/gag)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s