Dokter Inggris Tewas di Penjara Suriah

LONDON, KOMPAS.com — Seorang dokter asal Inggris yang bekerja sukarela di rumah sakit Suriah dikabarkan tewas di penjara rezim Bashar al-Assad. Keluarga mengatakan dokter itu tewas hanya beberapa hari sebelum janji pembebasannya.

Abbas Khan, dokter tersebut, adalah dokter tulang berusia 32 tahun asal London Selatan. Dia tiba di Aleppo, Suriah, tahun lalu untuk membantu warga sipil yang membutuhkan perawatan dokter. Namun, dia tertangkap rezim Assad.

Ayah dua anak ini, kata keluarga, meninggal dalam tahanan, hanya beberapa hari sebelum dia dijadwalkan bebas dan diserahkan kepada seorang anggota parlemen Inggris.

Pejabat Suriah mengatakan, Khan bunuh diri. Namun, pejabat yunior di Kementerian Luar Negeri Inggris, Hugh Robertson, mengatakan, rezim Assad bertanggung jawab atas kematian Khan.

“Tidak ada alasan apa pun yang bisa menjelaskan perlakuan yang dia terima dari pihak berwenang Suriah. (Mereka) membunuh seorang warga Inggris yang berada di negara mereka untuk membantu orang yang terluka selama perang sipil mereka,” ujar Robertson kepada BBC.

Direktur Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdel, mengatakan kepada AFP bahwa ada kemungkinan Khan meninggal karena penyiksaan. Dugaan ini berdasarkan data dari ratusan kasus serupa yang kemudian oleh pemerintah diumumkan sebagai kasus bunuh diri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s