Bakteri dari Tinja Penyebab Banyak Korban Berjatuhan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Dinas Kesehatan Manado mengumumkan hasil laboratorium dari bahan makanan RM Kawan Baru sesuai laporan korban, Jumat (31/10/2014).

Dari hasil pemeriksaan laboratorium ditemukan adanya Bakteri Escherichia Coli (E Coli) dalam jumlah besar.

Bakteri inilah yang menyebabkan penyakit diare, mual dan pusing pada Wawali Manado dan belasan orang lainnya yang makan di RM Kawan Baru.

“Hasil laboratorium ditemukan bukan racun tapi, bakteri E Coli pada brenebon dan durian. Jadi kemungkinan besar dari brenebon dan es durian. Bakteri ini dalam jumlah yang besar sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan reaksi berlebihan karena bisa dibilang mengotori usus dan saluran pencernaan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Manado, dr Robby Mottoh.

Dalam kasus yang terjadi, Mottoh mengakui bahwa bakteri E Coli ini bisa menyebabkan kematian ketika korban yang diare tidak segera diobati.

“Tentu bakteri ini menyebabkan diare, jika orang terus buang air maka akan kekurangan cairan dan jika terus menerus seperti itu bakteri ini memang bisa buat orang meninggal,” tegasnya.

Mottoh menegaskan bakteri E Coli akan muncul karena adanya kotoran dalam bahan makanan, kotoran dalam wadah atau dalam proses memasak. Ia tak mau berkomentar berkaitan indikasi kesengajaan oknum karyawan atau ‘penyusup’ yang sengaja menciptakan bakteri mematikan itu ke dapur Restoran Kawan Baru.

“Intinya kalau dapur kotor bakteri itu akan muncul. Jadi dapur harus dijaga kebersihannya jangan kotor atau disengajakan menjadi kotor,” ujarnya. (dit)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s